Inilah 4 Bahaya Beras Tidak Dicuci Sebelum Dimasak

ads

Beras yang diolah menjadi merupakan makanan pokok mayoritas masyarakat yang ada di Indonesia tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Banyak jenis beras yang sudah ada dan beredar di Indonesia, seperti beras putih, beras merah, dan bahkan beras hitam.

Jika dahulu beras dimasak di atas tungku, namun seiring perkembangan teknologi maka beras sekarang dimasak di rice cooker. Hanya dengan menekan satu tombol saja dan tinggal menunggu beberapa saat, maka beras tersebut sudah matang dan menjadi nasi.

Namun, sebelum memasak beras tersebut, maka anda harus mencucinya terlebih dahulu. Jika tidak dicuci, maka sudah tentu akan menimbulkan berbagai macam masalah yang berbahaya untuk kesehatan. Apa saja bahaya tersebut? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silahkan anda simak penjelasan kami di bawah ini.

1. Terdapat kotoran

Bahaya pertama yang harus anda waspadai ketika beras langsung dimasak tanpa dicuci terlebih dahulu adalah kotoran yang masih menempel. Kotoran di sini bisa berbentuk bekas-bekas padi maupun juga mungkin ada kerikil yang terkadang memang masih ada di dalam beras tersebut dan masih menyatu.

Tujuan mencuci beras ini bukan hanya membuang kotoran pada beras itu sendiri, melainkan juga berfungsi membung bekas padi maupun juga kerikil kecil. Bayangkan saja jika bekas padi atau kerikil tersebut malah tetap dimasak dan ketika sudah matang, kemudian anda memakannya.

Jika sudah masuk ke dalam tubuh, maka dikhawtirkan orang yang mengkonsumsinya bisa mengalami gangguan yang tidak diinginkan. Paling ringan, orang tersebut akan mengalami sakit perut. Selain itu, kerikil tadi jika tergigit juga akan menyebabkan gigi menjadi sakit yang tentu semuanya tidak kita inginkan terjadi.

2. Masih terdapat zat tepung

Apakah anda tahu jika salah satu alasan mengapa beras harus dicuci terlebih dahulu adalah untuk menghilangkan zat tepung? Zat tersebut memang secara alami akan anda temukan pada bagian bulir beras. Meskipun zat tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan, namun anda harus tetap membersihkannya.

Hal ini bertujuan agar nasi yang anda masak bisa lebih segar dan lebih higenis. Maka dari itu, pastikan sebelum anda memasak nasi, anda mencuci beras anda terlebih dahulu. Anda harus mencucinya sampai bersih dan tidak ada zat tepung yang masih menempel.

3. Mencegah nasi menggumpal

Tujuan mencuci beras juga untuk mencegah beras yang anda masak nantinya menjadi menggumpal ketika sudah matang. Jika anda tidak mencuci beras dan ternyata nasi yang sudah matang tersebut malah menggumpal, tentu rasanya tidak seenak seperti biasanya.

Nasi yang sudah menggumpal tersebut bahkan malah akan membuat tampilannya menjadi kurang menarik. Bahkan, orang tidak berkenan memakannya karena bentuknya yang menggumpal.

4. Membersihkan kutu

Mungkin anda sudah tahu bahwa beras yang sudah terlalu lama tidak digunakan bisa menyebabkan timbulnya kutu. Bayangkan jika kutu tersebut tidak dibersihkan dan anda langsung memasaknya tanpa mencucinya. Sudah tentu beras anda akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Oleh sebab itu, penting untuk mencuci beras sampai bersih untuk menghilangkan berbagai macam kotoran yang bisa membahayakan kesehatan anda.

Sponsors Link
,
Post Date: Wednesday 23rd, October 2019 / 04:05 Oleh :
Kategori : Tips