4 Bahaya Menggoreng Di Rice Cooker, Sering Tidak Disangka

ads

Bahaya menggoreng di rice cooker memang masih banyak orang yang tahu. Memang, salah satu kegunaan dari berbagai jenis rice cooker adalah untuk memasak maupun juga menggoreng. Namun, bukan berarti anda bisa setiap saat menggunakan rice cooker untuk menggoreng.

Apalagi jika anda menggoreng bahan-bahan yang memang butuh waktu yang lama agar bisa matang, maka tentu lama kelamaan maka tentu akan bisa membuat rice cooker anda mengalami gangguan, seperti yang terjadi pada teflon rice cooker.

Bagi anda yang ingin tahu mengenai apa saja bahaya ketika anda menggoreng di rice cooker, maka silahkan anda simak ulasan yang akan kami berikan di bawah ini. Dengan begitu, anda bisa lebih berhati-hati dan disarankan untuk menggoreng di wajan dbandingkan di rice cooker.

1. Menggoreng di rice cooker bisa merusak teflon

Seperti apa yang telah kami jelaskan di awal bahwa ketika anda membiasakan diri menggoreng di rice cooker, maka bagian pertama yang akan rusak adalah teflon. Perlu anda ketahui ketika anda menggoreng, maka sebenarnya tidak bisa memprediksi kapan masakan anda benar-benar sudah matang.

Meskipun sebenarnya anda bisa mengetahuinya ketika ada bunyi atau tombol “Cook” berubah jadi “Warm”, namun terkadang pemberitahuan ini akan anda dapatkan ketika masakan anda sudah kering alias tidak ada airnya.

Dengan begitu, maka rice cooker anda akan lebih panas sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian teflon.

2. Menyebabkan panci rice cooker gosong

Bahaya kedua bagi anda membiasakan menggoreng di rice cooker adalah bisa menyebabkan panci rice cooker gosong. Sebelum anda memasak atau menggoreng, pastikan bahwa kondisi panci sudah dalam keadaan bersih dan tidak ada air yang masih menempel.

Hal ini juga merupakan salah satu cara merawat panci rice cooker yang memang sudah terbukti efektif. Jika anda tidak mengelapnya dan langsung memasukkan ke dalam rice cooker, maka akan membuat panci rice cooker menjadi gosong, khususnya pada bagian bawahnya.

Dan kondisi seperti inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab rice cooker rusak. Kesimpulannya, jangan sampai ada air yang masih nempel di panci sebelum anda memasukkannya ke dalam rice cooker.

3. Membuat masakan tidak matang secara sempurna

Bahaya yang juga harus anda waspadai ketika menggoreng di rice cooker adalah masakan anda tidak bisa matang secara sempurna. Kami yakin anda sudah tahu bahwa panas yang dihasilkan oleh rice cooker tentu akan jauh berbeda dengan panas yang dihasilkan oleh kompor. Hal ini juga berpengaruh terhadap tingkat kematangan dari masakan anda.

Sponsors Link

Terlebih lagi bagi anda yang saat itu sedang menggoreng daging atau masakan lain yang memang membutuhkan tingkat kematangan yang sempurna. Jika anda sering memakan masakan yang tidak matang sempurna, maka bisa menimbulkan berbagai macam penyakit untuk anda.

4. Menyebabkan kerusakan pada heater

Bahaya menggoreng di rice cooker yang juga harus anda perhatikan adalah bahwa kebiasaan tersebut dapat merusak bagian heater. Meskipun memang saat ini rice cooker bisa digunakan untuk menggoreng, namun bukan berarti bahwa benda elektronik tersebut memang didesain untuk menggoreng.

Jika anda sering menggoreng menggunakan rice cooker, maka lama kelamaan akan merusak bagian heater atau pemanasnya. Hal ini kemudian menyebabkan pemanas rice cooker tidak bisa memanaskan nasi anda.

Sponsors Link
,
Post Date: Tuesday 12th, March 2019 / 09:02 Oleh :
Kategori : Tips