8 Bahaya Teflon Rice Cooker dan Cara Mengatasinya

ads

Teflon sering dianggap sebagai suatu jenis peralatan rumah tangga yaitu panci atau wajan. Terutama pada panci rice cooker. Padahal bukan, melainkan teflon ini merupakan suatu senyawa polimer atau Politetrafluoroetilena (PTFE). Sejenis pelapis anti lengket yang terdapat pada peralatan rumah tangga, seperti panci, wajan dan lain-lain. Koefisien gesek terendah dari teflon ini menjadikannya banyak dipilih oleh produsen pembuat peralatan rumah tangga.

Teflon memiliki kelebihan dibandingkan jenis pelapis lainnya, antara lain anti lengket, anti karat, anti gores, anti radiasi ultraviolet,  lebih kuat, lebih tebal, mudah dibersihkan dan desain yang elegan. Proses memasak atau menggoreng di atas permukaan berlapis teflon ini terasa lebih mudah dan aman dibandingkan yang lainnya. Namun, semua kelebihan tersebut juga harus didukung dengan perawatan yang baik dan sesuai dengan ketentuan produsennya. Seperti halnya pada panci rice cooker dari teflon, Anda harus memahami petunjuk penggunaan rice cooker dengan baik. Karena kesalahan penggunaan dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan teflon, misalnya tergores, terkelupas atau penyok. Saat lapisan teflon ini mengalami hal tersebut, maka ada bahaya yang perlu diwaspadai. Nah, inilah bahaya teflon rice cooker yang mengalami kerusakan yang perlu Anda ketahui.

  • Menimbulkan kerak dan lengket

Lapisan teflon yang tergores akan kehilangan fungsinya sebagai anti lengket sehingga menimbulkan kerak dari nasi yang menempel. Kerak nasi tersebut cukup sulit dibersihkan. Ketika dipaksakan akan membuat goresan semakin lebar.

  • Nasi menjadi berubah rasanya

Nasi yang dimasak dalam panci teflon yang mengelupas atau tergores akan mempengaruhi rasanya menjadi tidak sedap. Selain itu juga menjadi lebih cepat kering dan mengeras. Nasi bertekstur seperti itu tentu bukan santapan yang nikmat.

  • Menyebabkan gangguan penyakit tertentu

Terdapat zat kimia yang dinamakan dengan amonium perfluorooctanoic acid atau PFOA. Zat PFOA ini dapat keluar dari lapisan panci teflon rice cooker lalu masuk ke dalam nasi yang sedang dimasak. Kontaminasi PFOA pada nasi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Envirnmental Protection Agency (EPA) pada tahun 2004, menunjukkan bahwa PFOA dapat mempengaruhi perkembangan janin bagi ibu hamil yang kemudian berpotensi melahirkan anak cacat, gangguan organ pencernaan dan sistem kekebalan tubuh manusia.

Sponsors Link

Itulah beberapa bahaya teflon rice cooker yang perlu Anda ketahui dan hindari. Anda dapat menghindari bahaya tersebut jika Anda paham dan mengaplikasikan cara merawat panci rice cooker yang baik dan benar. Beberapa tips berikut ini bisa Anda terapkan untuk menghindari panci teflon rice cooker tergores atau mengelupas.

  1. Gunakan centong plastik bawaan rice cooker untuk mengaduk nasi
  2. Jangan menggunakan centong atau sendok berbahan besi untuk mengambil sisa nasi yang menempel pada panci
  3. Jangan menyiramkan air dingin ke panci ketika kondisinya masih panas
  4. Hindari mencuci dengan alat yang tekturnya tajam, seperti kawat atau sikat kaku
  5. Tempatkan panci pada tempat yang kering dan aman dari jangkauan anak-anak

Beberapa tips tersebut semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menjaga kualitas panci teflon rice cooker agar tetap baik dan tahan lama.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 11th, April 2018 / 08:01 Oleh :
Kategori : Tips