6 Langkah Cara Kerja Rice Cooker Gas Serta Kuntungannya

ads

Cara kerja rice cooker gas sangatlah mudah dan hampir setiap orang bisa menggunakannya karena memang didesain khusus agar mudah digunakan. Tentunya hampir setiap orang tahu bagaimana cara kerja rice cooker pada umumnya dan bagi Anda belum pernah menggunakan rice cooker gas, cara penggunannya tidaklah sulit. Sayangnya saat ini masih banyak orang yang tidak tahu apa kegunaan rice cooker gas dan mengapa beberapa orang memilih untuk menggunakan rice cooker gas dan bukannya rice cooker listrik.

Artikel Terkait:

Keuntungan Menggunakan Rice Cooker Gas

Rice cooker listrik memang secara umum jauh lebih praktis dan watt yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Namun, rice cooker listrik memiliki kapasitas yang terbatas karena memang diperuntukkan atau didesain khusus untuk pemakaian rumahan, sementara rice cooker gas memiliki fungsinya tersendiri:

  • Rice cooker gas diperuntukkan bagi Anda yang perlu untuk memasak nasi dalam kapasitas besar namun cepat yaitu bisa mencapai kapasitas 55 liter sekali masak. Oleh karena itu jenis rice cooker ini memang lebih umum digunakan oleh mereka yang begerak di bidang usaha kuliner dan perlu memasak nasi dalam jumlah banyak setiap harinya.
  • Jika kapasitas yang ada dan dibandingkan dengan penggunaan listrik jika menggunakan rice cooker tentunya akan lebih mahal sementara dengan bahan bakar gas, penggunaannya menjadi lebih ekonomis.
  • Jika dibandingkan dengan jenis rice cooker untuk memasak nasi dengan menggunakan listrik, rice cooker gas justru proses memasaknya lebih cepat sehingga sangat menghemat waktu.

Artikel Terkait:

Cara Kerja Rice Cooker Gas

Gas merupakan salah satu jenis bahan bakar yang saat ini lumrah digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia karena memang harganya relatif murah, bahan bakar gas juga relatif mudah ditemukan. Adapaun cara kerja rice cooker gas adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan selang gas regulator dengan tabung gas, pastikan selang benar-benar terpasang sempurna.
  • Di dalam panci rice cooker, siapkan nasi yang sudah dicuci bersih dan pastikan bagian luar panci sudah di lap kering agar tidak ada percikan air yang menempel karena dapat merusak teflon rice cooker. (baca juga: Panci Rice Cooker Terkelupas)
  • Letakkan beberapa komponen rice cooker gas pada tempatnya dengan benar mulai dari alas pembakar, penutup, casing luar lalu kemudian panci beras rice cooker. Jika tidak benar, rice cooker tidak akan berfungsi sempurna dan hasil akhirnya nasi menjadi tidak matang sempurna dan Anda harus mengulangi proses memasak dari awal lagi.
  • Kemudian hidupkan pipa gas dan pastikan gas pada posisi ON.
  • Setelah itu tekan tombol START yang terletak di bagian kiri rice cooker gas sampai berbunyi klik, setelah itu lampu indikator akan menyala yang menandakan rice cooker siap digunakan. Namun jika lampu indikator tidak juga menyala, jangan panik karena penyebab utamanya hanyalah Anda kurang kuat menekannya. Coba untuk tekan sekali lagi dan periksa kembali lampu indikatornya.
  • Baru kemudian tekan tombol COOK untuk mulai memasak nasi.

Artikel Terkait:

Waktu yang digunakan untuk memasak nasi dengan rice cooker gas relatif lebih cepat untuk ukuran rice cooker berkapasitas besar yaitu hanya sekitar 20 – 30 menit saja. Kemudian, setelah nasi masak, nasi jangan langsung dihidangkan tapi sebaiknya dibiarkan dulu berada di dalam rice cooker selama beberapa saat yaitu sekitar kurang lebih 10 menit. Proses ini penting untuk membuat nasi masak sempurna dan pulen ketika nanti tiba saatnya disajikan.

Sponsors Link
,
Post Date: Monday 02nd, October 2017 / 14:55 Oleh :
Kategori : Tips