5 Cara Memakai Rice Cooker Gas Wajib Diikuti

ads

Ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami perkembangan secara signifikan. Hal ini mempengaruhi pola pikir para cendekiawan. Sehingga menghasilkan inovasi atau keterbaruan yang mampu bersaing di pasaran. Inovasi tersebut diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih praktis dan ringan. Berbagai benda yang ada di dalam kehidupan kita tengah atau sudah mengalami inovasi. Salah satunya ialah untuk kegiatan memasak nasi yang lebih praktis dan hemat waktu, terciptalah rice cooker.

Rice cooker model terkini yang tengah booming yaitu rice cooker gas. Rice cooker gas berbeda dengan rice cooker biasa. Rice cooker gas tidak menggunakan daya listrik, melainkan bahan bakar gas. Memasak nasi menggunakan rice cooker gas dinilai lebih cepat dan hemat waktu, tenaga dan finansial. Terlebih untuk urusan komersil, rice cooker gas ini sangat recommended. Bagi Anda yang ingin membeli rice cooker gas ini perlu untuk mengetahui cara penggunaannya. Nah, berikut ini penjelasannya.

  • Bacalah Petunjuk Penggunaan

Alat elektronik yang baik pasti dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan. Baca, pahami dan patuhilah tata cara di dalam buku tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan mendapatkan hasil terbaik. Perlu Anda ingat bahwa segala yang berhubungan dengan tabung gas, memiliki kemungkinan terjadinya ledakan. Jadi, Anda harus hati-hati!

  • Persiapan Alat dan Bahan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan ialah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan, antara lain:

  1. Alat : Rice cooker gas plus kelengkapannya, selang penyambung (rice cooker dengan tabung gas) dan tabung gas
  2. Bahan : Beras dan air, dengan perbandingan 1 : 2. Apabila ingin memasak beras 1 liter, maka air yang dimasukkan sebesar 2 liter

Rice cooker gas ini mampu menampung beras hingga 10 liter. Kapasitas yang besar ini sangat memungkinkan penggunaan rice cooker gas untuk rumah makan, restaurant dan sebagainya.

Setelah semua peralatan tersedia, selanjutnya rangkailah rice cooker dengan selang penyambung dan tabung gas. Anda bisa menggunakan tabung gas elpiji isi 3 kg (subsidi) / 12 kg (biru), bright gas 5,5 kg / 12 kg atau ease gas 3 kg / 9 kg. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan selangnya dan rice cooker gas yang digunakan! Periksa keamanan tabung gas sebelum memasangnya.

Sponsors Link

  • Mempersiapkan Beras yang akan Dimasak

Pilihlah beras yang berkualitas bagus atau minimalnya memenuhi standarisasi untuk layak dikonsumsi. Hindari membeli beras yang dihuni kutu beras! Periksa keadaan beras sebelum dicuci. Hilangkan kotoran padat seperti kulit beras, bebatuan kecil, binatang kecil dan lain sebagainya. Setelah dipastikan semua kotoran padatnya bersih, kemudian cucilah beras dengan air bersih yang mengalir. Cucilah sebanyak dua kali pembilasan. Jangan mencuci beras terlalu lama agar sarinya tidak hanyut terbawa air!

Beras yang telah bersih lalu dimasukkan ke dalam panci teflon bawaan rice cooker gas.

  • Memasak Nasi dengan Rice Cooker Gas

Setelah beras siap dimasak, selanjutnya nyalakan api dengan menekan pelatuknya. Beberapa rice cooker gas mungkin memiliki cara penyalaan api yang berbeda. Kemudian tunggulah hingga nasi matang. Lamanya proses pemasakan tergantung pada jumlah beras, air dan tipe rice cooker gas yang digunakan.

Itulah beberapa cara memakai rice cooker gas yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 29th, June 2018 / 12:01 Oleh :
Kategori : Tips