5 Cara Memasak Beras Merah Menggunakan Rice Cooker

ads

Selama ini kita mengkonsumsi beras putih sebagai makanan pokok. Tapi ada salah satu jenis beras yang lebih kaya serat dari beras yang biasa kita konsumsi. Jenis beras kaya serat itu dikenal dengan nama beras merah. Seperti namanya, beras merah memiliki warna kulit kemerahan. Kelebihan beras merah dari beras putih yakni mengandung lebih banyak serat sehingga dapat mencegah penyakit tingginya gula darah, kolesterol dan susah buang air besar (sembelit). Beras merah memiliki kandungan vitamin B, mangan, magnesium, selenium, dan zat besi.

Beras merah biasanya hanya dikonsumsi oleh bayi dan balita dalam bentuk bubur. Orang dewasa yang sedang mengatur pola makan atau diet juga sering mengkonsumsi beras merah. Beras merah dapat dimasak dengan mudah menggunakan rice cooker (silahkan baca : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker). Ini dia cara memasak beras merah menggunakan rice cooker.

  1. Langkah pertama, sebelum memasak beras merah kita harus membersihkan beras merah dengan air bersih. Cara membersihkannya sama dengan membersihkan beras putih yang kita konsumsi sehari- hari. Membersihkan beras merah cukup 3 sampai 4 kali bilasan saja agar vitamin yang terkandung dalam beras merah tidak ikut larut bersama dengan air.
  2. Langkah kedua, setelah beras dicuci bersih, masukkan beras merah ke dalam panci rice cooker. Kemudian tambahkan air dengan perbandingan 3 : 1, yang artinya dibutuhkan 3 gelas takar air untuk 1 gelas takar beras merah. Perbandingan ini memang berbeda dengan perbandingan ketika memasak nasi putih. Beras merah lebih keras dari beras putih sehingga membutuhkan lebih banyak air.
  3. Langkah ketiga, kita dapat mendiamkan beras merah yang terendam di dalam air kira- kira selama 30 menit. Hal ini dilakukan agar nasi yang dihasilkan menjadi pulen dan tidak keras.
  4. Langkah keempat, setelah didiamkan selama 30 menit, kita bisa memasukkan panci ke dalam boby rice cooker, menutup rice cooker, lalu menghubungkan steker ke dalam stop kontak. Jangan lupa menekan tombol untuk memasak.
  5. Langkah terakhir, tunggu hingga beras menjadi matang. Setelah beras merah matang dengan sempurna, tambahkan sedikit garam dan aduk- aduk nasi merah sebelum dihidangkan. Penambahan garam dimaksudkan agar rasa nasi merah menjadi lebih gurih, karena sebagian orang tidak menyukai rasa nasi merah yang tidak seenak nasi putih.

Baca juga : Cara Membuat Nasi Kuning dengan Rice Cooker

Tips Memasak Nasi Merah Agar Pulen

Tektur beras merah lebih keras dari nasi putih. Karena itu cara menanak nasi merah juga sedikit berbeda dengan cara menanak nasi putih. Berikut beberapa tips yang dapat dipraktikkan agar nasi merah yang dihasilkan tidak keras dan lebih pulen.

  • Merendam beras merah

Sebelum memasak beras merah menggunakan rice cooker, kita bisa merendam beras merah di dalam air bersih selama 30 menit. Merendam atau mendiamkan beras merah di dalam air dapat mengurangi tekstur keras dari beras merah sehingga nantinya dapat menghasilkan nasi yang pulen.

  • Menggunakan lebih banyak air

Air yang digunakan untuk memasak beras beras biasanya memiliki perbandingan 3 : 1. Meski demikian, bila nasimasih kurang pulen kita dapat menambahkan lagi 1 gelas takar air ke dalam beras merah sebelum memasaknya.

  • Menambah durasi waktu memasak

Ketika memasak beras merah menggunakan rice cooker, kita dapat menambah durasi waktu memasak. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak beras merah, maka nasi akan semakin lunak. Cara menambahkan waktu memasak bisa dengan menekan kembali tombol untuk memasak.

  • Menambahkan beras putih pada beras merah

Agar tekstur nasi merah terasa seperti nasi putih, kita bisa menambahkan satu gelas takar beras putih pada 3 gelas takar beras merah. Cara ini juga cocok bagi mereka yang belum terbiasa mengkonsumsi nasi merah.

  • Menggunakan rice cooker dengan fungsi brown rice

Semua merek rice cooker memang memungkinkan untuk memasak beras merah (silahkan baca : Merek Rice Cooker Terpopuler – Terbaik yang Aman untuk Kesehatan). Tapi kita bisa mencoba menggunakan rice cooker yang memiliki fungsi brown rice yakni fungsi khusus untuk memasak beras merah. Ada juga rice cooker dengan fungsi mixed rice yaitu memasak beras yang dicampur dengan biji- bijian lain atau memasak beras yang berbeda jenis seperti beras merah dan beras putih. Salah satu rice cooker dengan fungsi mixed rice yaitu rice cooker toshiba digital.

Sponsors Link

  • Memasak beras dengan cara tradisional

Bagaimana pun juga, nasi merah akan lebih lezat jika dimasak dengan cara tradisional. Nasi merah akan lebih pulen dan lezat jika dimasak di atas kompor. Jika Anda ingin mencobanya, ini dia tahap- tahap memasak beras merah secara tradisional.

  1. Tahap pertama yang harus dilakukan yakni mencuci beras sampai bersih dari kotoran- kotoran yang menempel di beras.
  2. Tahap kedua adalah memasukkan air pada panci dan menambahkan air dengan perbandingan 1:4. Itu berarti 1 gelas takar beras merah memerlukan 4 gelas takar air.
  3. Tahap ketiga yaitu mendiamkan beras kira kira sekitar 30 menit sebelum dimasak.
  4. Setelah didiamkan, kita dapat menghidupkan kompor dengan api sedang lalu memasaknya sampai setengah matang. Selama memasak beras merah, kita bisa menambahkan daun salam dan mengaduk- aduk beras hingga air di dalam panci hampir habis.
  5. Tahap selanjutnya adalah menurunkan panci yang berisi beras merah setengah matang dari atas kompor.
  6. Tahap berikutnya yaitu menuangkan air ke dalam panci pengukus atau dandang lalu masak air tersebut hingga mendidih.
  7. Setelelah air mendidih, tuangkan beras merah setengah matang ke atas saringan pengukus lalu masak hingga benar- benar matang. Tambahkan sedikit garam agar nasi terasa gurih.
Sponsors Link

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Merah

Terdapat banyak manfaat yang bisa kita rasakan jika mengkonsumsi nasi merah. Beberapa manfaat tersebut adalah :

  • Rasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsi nasi merah.
  • Sistem pencernaan menjadi lebih baik dan mengurangi penyakit sembelit.
  • Nasi merah dapat menangkal radikal bebas.
  • Nasi merah mengandung vitamin B6 yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin kompleks di dalan tubuh.
  • Mengkonsumsi nasi merah dapat mencegah resiko kolestorol jahat dan penyakit jantung.
  • Nasi merah memiliki tingkat glukosa yang lebih rendah sehingga bisa menurunkan kadar gula berlebih dalam darah dan mengurangi resiko kegemukan (obesitas).
  • Mengkonsumsi nasi  merah dapat membantu pengobatan penyakit asma karena beras merah mengandung magnesium.
Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, December 2016 / 14:07 Oleh :
Kategori : Tips