7 Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker Kecil

ads

Nasi adalah kebutuhan pokok yang mengandung karbohidrat. Sebagaian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi untuk mensuplai tenaga, bahkan orang jawa memiliki istilah ‘tidak dikatakan makan jika belum mengkonsumsi nasi’. Untuk menghasilkan nasi yang lezat, pulen dan tidak lekas basi, kita hendaknya mengerti bagaimana cara memasak nasi yang baik.

Cara paling mudah untuk memasak nasi adalah menggunakan rice cooker. Cara ini dinilai paling praktis karena hanya perlu menekan tombol dan menunggu sampai nasi matang dengan sempurna. Sebelum membahas tentang urutan cara memasak nasi dengan rice cooker, sebaiknya terlebih dahulu kita bahas tentang takaran beras dan air yang dibutuhkan untuk memasak nasi. Takaran beras yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

  • Dibutuhkan sekitar 5 – 5,5 cup air untuk memasak 4 cup beras.
  • Dibutuhkan sekitar 4 – 4,5 cup air untuk memasak 3 cup beras.
  • Dibutuhkan sekitar 3 – 4,5 cup air untuk memasak 2 cup beras.
  • Dibutuhkan sekitar 2 – 2,5 cup air untuk memasak 1 cup beras.

Cup yang digunakan untuk menakar beras dan air adalah cup yang ada satu paket dengan rice cooker.  Takaran tersebut bukanlah aturan baku. Ibu rumah tangga lebih sering menggunakan ruas jari untuk mengukur banyaknya air yang dibutuhkan selama memasak nasi. Kita juga bisa menyesuaikan dengan kebiasaan memasak atau sesuai dengan tekstur nasi yang  kita inginkan. Jika menginginkan nasi yang bertekstur lunak atau sedikit lembek seperti bubur, maka kita harus menambahkan lebih banyak air.

Selanjutnya, adalah urutan untuk memasak nasi dengan rice cooker kecil. Agar bisa memasak nasi dengan rice cooker, kita perlu tahu petunjuk penggunaan rice cooker yang baik dan benar. Cara memasak nasi menggunakan rice cooker kecil bersumber daya listrik sedikit berbeda dengan cara menggunakan rice cooker gas. Berikut adalah urutan langkah memasak nasi menggunakan rice cooker kecil yang dapat kita ikuti.

  1. Langkah pertama adalah mencuci beras yang telah ditakar sebelumnya. Untuk rice cooker kecil biasanya hanya bisa memuat 0,6 L beras.
  2. Langkah kedua yaitu memasukkan beras ke dalam inner pan atau panci rice cooker kecil. Pastikan inner pan dalam keadaan bersih sebelum digunakan. Kebersihan tersebut dapat mempengaruhi kelezatan nasi yang dihasilkan.
  3. Langkah ketiga yakni masukkan air ke dalam inner pan sesuai dengan banyaknya beras yang telah dimasukkan sebelumnya.
  4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan inner pan ke dalam body rice cooker. Kita dapat memutar inner pan akan posisinya tepat berada di atas lempeng pemanas atau heating plate. Kita juga harus memastikan bahwa lempeng tersebut dalam keadaan bersih dan tidak ada benda yang menghalangi antara inner pan dengan heating plate.
  5. Langkah berikutnya yaitu menutup body rice cooker menggunakan top cover hingga clamb knop mengeluarkan suara ‘klik’.
  6. Setelah itu, kita harus menyambungkan rice cooker ke sumber listrik dengan cara memasukkan steker ke stop kontak.
  7. Langkah terakhir adalah menekan level knob ke arah bawah hingga lampu indikator cooking mode atau mode memasak menyala. Kita bisa menunggu hingga nasi matang yaitu ketika lampu indikator berubah menjadi warm mode. Warna lampu indikator ini berbeda- beda pada setiap rice cooker, tergantung pada mereknya (baca : Merek Rice Cooker Terpopuler – Terbaik yang Aman untuk Kesehatan). Tetapi fungsinya tetaplah sama.

Setelah mengetahui cara memasak nasi dengan rice cooker, kita juga perlu memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi kelezatan nasi, diantaranya yaitu :

Sponsors Link

  • Jenis beras yang digunakan untuk memasak nasi.

Ada berbagai jenis beras yang dihasilkan oleh petani Indonesia. Beberapa jenis beras yang sering digunakan oleh masyarakat adalah beras pandan wangi, beras  IR 64  atau setra ramos, rojo lele, jenis IR 42 dan beras merah. Selain mengetahui jenis- jenis beras, kita harus mengerti cara mengetahui kualitas beras yang baik. Akhir- akhir ini terdengar kabar bahwa penjual beras mengoplos beras dan juga mencampurnya dengan pemutih. Belum lagi isu beras sintesis dari plastik.

Agar tidak terlalu resah, kita harus tahu cara memilih beras yang aman dari bahan- bahan berbahaya tersebut. Beras yang sangat putih justru harus diwaspadai karena bisa mengandung pemutih kimia. Selain itu, beras yang terasa licin ketika dipegang dapat mengindikasikan bahwa beras tersebut mengandung zat pelicin. Adanya zat pelicin juga dapat dilihat dari banyaknya beras yang menempel di tangan setelah digenggam. Selain zat pelicin dan pemutih, beras juga dicampur dengan zat pewangi. Padahal beras yang mempunyai aroma wangi hanyalah jenis beras pandan wangi. Bentuk beras pandan wangi relatif bulat dan tidak begitu panjang, dengan warna yang agak kekuningan. Jika beras tidak mempunyai ciri- ciri tersebut tetapi memiliki aroma wangi, bisa dipastikan bahwa itu bukan beras pandan wangi tetapi beras yang dioplos dengan zat pewangi tambahan.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih beras adalah bentuk fisiknya. Jika beras sudah mulai menepung dan terdapat garis- garis memanjang, itu artinya beras sudah tidak dalam keadaan baik. Selain itu, beras yang baik juga tidak berbau apek dan tidak terdapat kutu di dalamnya. Beras yang berbau apek menandakan proses pengeringan tidak sempurna. Sedangkan beras yang berkutu bisa mengindikasikan bahwa beras tidak mengandung bahan kimia, akan tetapi beras yang terdapat banyak kutu juga tidak baik karena mengandung banyak kotoran.

Sponsors Link

  • Cara mencuci beras

Cara mencuci beras yang benar bukan lah mencuci sampai air cucian terakhir menjadi bening. Air cucian beras yang bening menandakan nutrisi yang terkandung di dalam beras menjadi berkurang karena terlarut oleh air. Mencuci beras cukup hanya 2 sampai 3 kali saja sehingga kandungan vitamin B pada beras tetap terjaga. Meski mencuci yang benar adalah tidak terlalu lama, kita tetap harus teliti apakah ada benda lain seperti kerikil di dalam beras dan harus segera membuangnya. Hal terpenting dalam mencuci beras adalah beras dibersihkan dari kotoran tanpa mengurangi kandungan vitamin di dalamnya.

  • Volume air untuk memasak nasi

Nasi yang pulen diperoleh dengan perbandingan air dan beras yang tepat, yaitu 2 : 1. Maksudnya adalah diperlukan 2 gelas air untuk 1 gelas takar beras.  Selain itu, kita dapat menambah sedikit perasan air jeruk pada beras yang akan kita masak agar nasi tidak mudah basi, dan menambahkan pandan selama memasak beras agar nasi beraroma wangi.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 02nd, December 2016 / 01:45 Oleh :
Kategori : Tips