Cara Membersihkan Rice Cooker Berjamur Paling Benar

ads

Rice cooker merupakan alat masak yang sering kali digunakan saat ini, terutama oleh masyarakat perkotaan. Selain menghemat waktu dan tenaga, rice cooker juga dinilai lebih hemat pengeluaran karena tidak menggunakan gas, melainkan sumber daya listrik. Kini bukan hanya nasi yang dapat dimasak dengan rice cooker, tetapi juga menu makanan lainnya. Mau tahu apa saja yang bisa dimasak dengan rice cooker? Yuk, cek selengkapnya di situs ini!

Sebagai pengguna setia rice cooker, tentunya Anda menginginkan rice cooker yang awet dan berkualitas. Untuk menjaga kinerja rice cooker tetap bagus, maka perlu dilakukan perawatan yang tepat secara teratur. Bila Anda lengah atau malas melakukan perawatan, maka rice cooker tersebut bisa menjadi kotor dan menjamur. Jamur yang melekat pada permukaan rice cooker baik dalam maupun luar dapat mengundang bakteri penyakit yang berbahaya bagi kesehatan penggunanya. Jadi, berhati-hatilah. Bersihkan rice cooker Anda sekarang juga!

  • Tahap Persiapan

Ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum Anda mulai membersihkan rice cooker yang berjamur. Peralatan tersebut antara lain:

  1. Busa spons lembut
  2. Sikat halus berukuran kecil
  3. Lap kain lembut
  4. Cairan pencuci piring
  5. Air bersih secukupnya

Pastikan Anda menggunakan produk pembersih yang bertekstur lembut dan terjamin kualitasnya. Produk dengan tekstur yang kasar sangat tidak disarankan, karena dapat menggores permukaan rice cooker dan menyebabkan baret sehingga merusak penampilannya.

  • Langkah Membersihkan Rice Cooker Berjamur

Jamur yang muncul pada permukaan rice cooker biasanya disebabkan oleh kotoran kecil yang menumpuk karena lama tidak dibersihkan. Jadi tahap awal yang perlu dilakukan ialah menghilangkan jamur-jamur tersebut dari permukaan rice cooker. Bagaimana caranya?

Jamur bisa hilang jika dipanaskan dengan suhu tertentu, jadi rendamlah panci rice cooker dalam air hangat kurang lebih 30 menit hingga jamur-jamurnya mengelupas dengan sendirinya. Jangan gunakan air yang terlalu panas atau merendamnya terlalu lama karena bisa menyebabkan lapisan panci rice cooker mengelupas.

Setelah itu, rendam kembali panci rice cooker ke dalam air dingin yang telah dicampur dengan cairan pencuci piring selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya gunakan busa spons lembut atau sikat halus berukuran kecil yang telah diolesi cairan pencuci piring untuk membersihkan seluruh lapisan panci rice cooker. Gosok secara perlahan dan menyeluruh. Kemudian bilas dengan air bersih beberapa kali.

Keringkan panci rice cooker dengan cara mendiamkannya di atas lap kain lembut. Panci rice cooker siap digunakan.

Sementara itu, cara membersihkan rice cooker bagian tubuh baik luar maupun dalam tidak sesulit yang Anda bayangkan. Mulanya, bersihkan dulu kotoran kering yang melekat dengan sikat halus berukuran kecil. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi bekas. Balik tubuh rice cooker agar seluruh kotoran di dalamnya dapat dikeluarkan.

Selanjutnya, gunakan lap kain halus yang telah dibasahi dengan air bersih dan cairan pencuci piring untuk membersihkan permukaan rice cooker luar maupun dalam. Gosokkan perlahan dan merata. Ulangi cara ini hingga seluruh noda terangkat.

Sponsors Link

Setelah semua bagian dibersihkan selanjutnya gunakan lap kain halus yang baru untuk membilas rice cooker tersebut. Caranya, basahi dengan air bersih dan usapkan pada permukaan rice cooker hingga mengkilap. Jangan gunakan terlalu banyak air, melainkan secukupnya saja agar tidak ada air yang masuk ke dalam mesin rice cooker.

Sedangkan untuk mengeringkannya, usapkan dengan lap kain halus yang kering dengan cara mengusapkannya. Diamkan sejenak hingga rice cooker benar-benar kering. Rice cooker siap digunakan.

Itulah beberapa cara membersihkan rice cooker yang berjamur dengan tepat. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 28th, September 2018 / 09:23 Oleh :
Kategori : Tips