Cara Membersihkan Tutup Rice Cooker Miyako Paling Mudah

ads

Rice cooker merupakan suatu peralatan rumah tangga yang bermanfaat untuk menanak nasi dan berbagai olahan makanan lainnya. Rice cooker terdiri atas beberapa bagian, yaitu bagian depan, bagian dalam yang berisi panci rice cooker, pengukus, dan tutup rice cooker, serta bagian mesin rice cooker. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda dan saling melengkapi.

Tutup rice cooker merupakan bagian yang cukup sulit dibersihkan. Padahal tutup rice cooker ini memiliki fungsi yang amat penting, yakni sebagai tempat keluar masuknya uap hasil proses pemasakan nasi. Air yang dimasukkan ke dalam panci rice cooker saat akan memasak nasi, akan diproses untuk melunakkan beras menjadi nasi dan sebagian dikeluarkan dalam bentuk uap. Apabila uap tidak dikeluarkan, maka akan mencair dan mengendap bersama nasi, yang justru berakibat negatif pada nasi, yakni nasi menjadi berair dan cepat basi. Nasi yang sudah basi tentu tidak akan nikmat ketika disantap.

Miyako merupakan salah satu brand rice cooker terkemuka yang ada di Indonesia. Bukan hanya tampilannya yang menawan, rice cooker Miyako juga dibekali dengan fitur-fitur yang handal, mudah dioperasikan dan harganya yang cukup terjangkau. Seperti rice cooker pada umumnya, rice cooker Miyako juga dilengkapi dengan tutup yang harus dibersihkan secara teratur.

Lalu bagaimana cara membersihkan tutup rice cooker Miyako? Simaklah tips menarik berikut ini.

  • Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membersihkan tutup rice cooker Miyako, antara lain:

  1. Lap kain lembut
  2. Busa lembut
  3. Sabun pencuci piring
  4. Air secukupnya
  • Langkah-langkah

Langkah-langkah membersihkan tutup rice cooker Miyako, yaitu:

  1. Cabutlah kabel rice cooker dari stop kontak listrik. Kemudian diamkan sesaat hingga dingin. Ingat, jangan membersihkan tutup rice cooker dalam keadaan terpasang dengan stop kontak listrik karena dapat mengakibatkan korsleting listrik.
  2. Bukalah tutup rice cooker dan pisahkan panci rice cooker yang masih menyimpan nasi. Bila keadaan tutup rice cooker ini begitu basah karena uap panas yang mencair, maka diamkan beberapa saat hingga panasnya berkurang.
  3. Usaplah air yang menempel pada tutup rice cooker dengan menggunakan lap kain yang lembut secara merata. Bila tidak ada lap kain yang lembut, Anda bisa menggunakan busa yang bertekstur lembut.
  4. Siapkan campuran air dengan sabun pencuci piring dalam wadah, lalu basahi lap kain lembut yang baru, setelah itu peras hingga agak kering. Gunakan untuk membersihkan noda yang membandel dan lapisan plastik yang tampak kotor sekali yang terdapat pada bagian dalam tutup rice cooker. Lakukan hingga bagian dalam tutup rice cooker tampak bersih.
  5. Keringkan dengan menggunakan lap kain lembut yang baru. Usaplah perlahan dan menyeluruh.
    Sponsors Link

  6. Bersihkan pula bagian lubang pengeluaran uapnya dengan cara memutarnya, pada beberapa jenis rice cooker memiliki lubang pengeluaran uap yang berbeda.
  7. Sedangkan untuk membersihkan bagian luar tutup rice cooker, Anda cukup mengusapnya dengan kain lap lembut secara merata.

Itulah beberapa cara membersihkan tutup rice cooker Miyako yang tepat dan mudah dilakukan. Pastikan Anda memahami setiap langkahnya dengan benar, sebelum menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya tutup rice cooker, tetapi seluruh bagian pada rice cooker harus dirawat dengan benar dan teratur. Oleh karena itu, Anda perlu memahami dan menerapkan cara membersihkan rice cooker sesuai dengan komponennya. Karena setiap komponen membutuhkan perlakuan yang berbeda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 05th, November 2018 / 02:45 Oleh :
Kategori : Tips