7 Cara Membuat Brownies Kukus Menggunakan Rice Cooker

ads

Jika mendengar kata brownies kita pasti langsung teringat dengan kue berwarna coklat yang menggoda untuk disantap. Semua orang menyukai brownies. Saat ini brownies sudah dimodifikasi hingga memiliki berbagai varian rasa seperti brownies pisang, brownies strawberry, brownies mocca, brownies kacang, broenies keju dan lain sebagainya.

Kue dengan bentuk persegi asli dari Amerika Serikat ini sangat mudah untuk dibuat. Bahkan untuk ibu- ibu dan mbak- mbak kos yang tak punya oven atau microwave, brownies bisa dibuat menggunakan rice cooker. Pada artikel kali ini akan dibahas cara membuat brownies kukus menggunakan rice cooker. Brownies dalam resep ini adalah brownies coklat original.

Bahan- Bahan Membuat Brownies

Semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat brownies sangat mudah di dapat di toko bahan kue atau di pasar. Sebelum membuat brownies, bahan- bahan yang harus disediakan yaitu :

  • 4 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 150 gram margarin
  • 100 gram terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh soda kue
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • 40 gram coklat bubuk
  • 100 gram coklat batangan (bisa diganti dengan 90 mili liter susu kental manis coklat)
  • Keju secukupnya untuk toping

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah- langkah atau cara membuat brownies kukus menggunakan rice cooker berikut :

  1. Pertama, sediakan sebuah wadah lalu masukan 4 butir telur dan gula pasir. Kocok keduanya sampai gula benar benar larut. Mengocok telur dan gula pasir bisa menggunakan mixer atau ballon whisk.
  2. Kedua, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, vanili bubuk, baking soda dan baking powder ke dalam adonan yang pertama sambil terus diaduk menggunakan spatula sampai adonan tercampur secara merata.
  3. Ketiga, lelehkan coklat dan margarin. Melelehkan coklat tidak boleh langsung di atas kompor, melain di uapkan saja. Caranya yakni didihkan air dalam sebuah panci, lalu letakkan wadah kaca yang berisi coklat batang ke dalam panci berisi air mendidih. Aduk aduk coklat dan margarin hingga benar- benar mencair.
  4. Keempat, masukkan coklat dan margarin yang telah meleleh ke dalam adonan kedua, kemudian aduk hingga rata.
  5. Kelima, olesi panci rice cooker dengan margarin atau minyak sayur agar tidak lengket. Setelah itu masukkan adonan brownies ke dalam panci rice cooker.
  6. Selanjutnya, tutup rice cooker dan hubungkan rice cooker ke sumber listrik. Nyalakan rice cooker dengan cara menekan tuas atau tombol untuk mengukus. Dalam tahap ini sesuai dengan petunjuk penggunaan rice cooker masing- masing.
  7. Tunggu hingga rice cooker berubah ke mode warm. Cek kematangan brownies dengan cara menusukkan tusuk lidi ke dalam brownies kukus. Jika brownies belum matang maka tekan lagi tombol untuk memasak. Tunggu sampai berubah lagi ke mode warm dan cek lagi. Bila sudah tidak ada adonan yang menempel di tusuk lidi, maka brownies kukus sudah matang dan siap disajikan. Jangan lupa untuk menaburkan keju parut atau toping lainnya untuk menambahkan cita rasa.

Baca juga : Cara Membuat Nasi Kuning dengan Rice Cooker

Sponsors Link

Tips Membuat Brownies Kukus

Membuat brownies kukus menggunakan rice cooker akan lebih baik hasilnya jika rice cooker yang digunakan mempunyai fungsi untuk membuat kue seperti rice cooker sharp dan rice cooker toshiba. Tips berikut dapat dipraktikkan agar brownies kukus yang dihasilkan semakin lezat dan beraroma.

  • Baca resep dengan benar dan siapkan bahan- bahan sesuai dengan resep. Jika perlu gunakan alat ukur untuk mengukur banyaknya bahan- bahan yang dibutuhkan.
  • Pastikan semua peralatan yang digunakan dalam keadaan yang bersih. Sisa makanan yang menempel di pamci rice cooker dapat mempengaruhi kelezatan kue brownies.
  • Telur harus dalam keadaan suhu ruang sebelum digunakan. Telur yang biasanya disimpan dalam kulkas harus didiamkan dulu sampai suhunya tidak terlalu rendah atau sama dengan suhu ruang. Jika telur dalam keadaan dingin makan tidak akan mengembang saat dikocok.
  • Saat mengocok telur, jangan sampai terlalu lama. Mengocok telur terlalu lama dapat mengakibatkan brownies menjadi berminyak, terlalu padat dan keras (bantat). Mengocok adonan yang sudah tercammpur dengan telur hanya seperlunya saja, sampai adonan tercampur rata. Jika tidak, maka permukaan brownies juga bisa menjadi terlalu kering.
  • Terigu sebaiknya diayak terlebih dahulu agar bersih dari kotoran. Tekstur terigu juga akan menjadi lebih halus dan tidak menggumpal.
  • Gunakan dua panci untuk melelehkan coklat dan margarin. Satu panci dengan ukuran besar dan satu lagi panci atau wadah berukuran kecil. Wadah yang kecil berisi coklat dan margarin sedang panci yang besar berisi air mendidih. Masukkan wadah kecil ke dalam panci besar lalu aduk- aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata dengan margarin.
  • Jika ingin menghasilkan tekstur brownies yang baik, adonan brownies dapat disimpan dulu ke dalam kulkas selama semalam atau beberapa jam saja.
  • Jika membuat brownies menggunakan rice cooker, maka lebih baik menggunakan rice cooker yang berpanci stainless steel karena panas yang dihasilkan lebih merata.
  • Agar brownies mudah dikeluarkan dari panci rice cooker, dapat digunakan aluminium foil untuk melapisi panci rice cooker.
  • Tambahkan almond agar aroma brownies menjadi semakin menggundang selera.
  • Diamkan dulu brownies sebelum melepasnya dari panci rice cooker.
  • Jangan menyimpan brownies di dalam kulkas kecuali jika memang ingin disimpan dalam waktu lama, maka masukkan saja ke dalam freezer.
Sponsors Link

Jenis Jenis Brownies

Seorang pecinta brownies harus tahu jenis- jenis brownies terkenal berikut :

  1. Fudgy brownies – Jenis brownies ini dinilai paling original karena tepung yang digunakan hanya sedikit yakni hanya setengah cangkir. Pembuatan brownies ini juga tidak menggunakan bahan kimia seperti baking powder dan baking soda. Coklat yang digunakan adalah coklat tawar sehingga rasa brownies ini tidak terlalu  manis, tapi cenderung kepada sedikit pahit karena coklatnya.
  2. Chewy brownies – Seperti namanya, brownies ini bertekstur kenyal. Kekenyalannya diperoleh dari tambahan telur dan juga campuran coklat yang digunakan. Campuran coklat yang digunakan yakni bubuk kakao dan coklat semi sweet.
  3. Cake like brownies – Rasa brownies ini seperti cake, sesuai dengan namanya. Margarin yang digunakan dalam pembuatan cake like brownies lebih sedikit dari biasanya. Sedangkan tepung terigu ditambah menjadi lebih banyak dari ukuran dalam resep.
  4. Blondies – Brownies jenis ini dibuat dengan gula merah dan tidak menggunakan coklat sama sekali. Warna brownies ini juga kemerahan karena jenis gula yang digunakan. Teksturnya lebih mirip dengan cake like brownies.
Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 10th, December 2016 / 07:35 Oleh :
Kategori : Tips