5 Cara Membuat Nasi Kuning dengan Rice Cooker

ads

tahun 2015 jumlah petani terus meningkat dibandingkan dengan penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai nelayan meski Indonesia juga terkenal dengan sebutan negara maritim. Lebih dari 90 persen penduduk Indonesia memilih nasi sebagai makanan pokok sehari-hari.

Oleh karena itu, sejak berabad yang lalu leluhur orang Indonesia memiliki banyak variasi panganan berbahan dasar nasi. Semua resep itu diwariskan turun temurun hingga kini banyak dikenal oleh masyarakat luas. Beberapa diantaranya dipengaruhi oleh budaya pendatang dari India dan Arab yang berdagang rempah-rempah di jaman penjajahan dulu.

Anda pasti sudah pasti mengenal beberapa sajian berbahan dasar nasi ini, seperti nasi uduk, nasi goreng, nasi kucing, nasi jagung, nasi kebuli, dan lain sebagainya. Salah satu yang paling terkenal terutama di daerah Jawa Barat adalah nasi kuning.

Langkah-Langkah Memasak Nasi Kuning

Nasi kuning seringkali menjadi pilihan masyarakat sebagai sajian untuk memulai hari atau untuk sarapan. Beberapa orang percaya nasi kuning memberikan energi yang lebih banyak untuk kebutuhan beraktifitas dibandingkan sarapan lainnya.Tapi, jarang sekali yang tahu jika membuat nasi kuning pulen bukanlah hal yang sulit, bahkan Anda bisa membuatnya di rice cooker Anda sendiri di rumah. (Baca: Cara Memasak Nasi Dengan Rice Cooker Kecil)

Untuk memasak nasi kuning dengan rice cooker anda perlu menyiapkan beberapa hal, antara lain:

(Bahan yang disiapkan untuk 1 liter beras)

  • 1 liter beras kualitas baik
  • 3 lembar daun salam berukuran sedang
  • 1 batang serai kira-kira 10 cm
  • Air secukupnya (perbandingan beras dan air kira-kira 2:1)

Untuk bahan yang dihaluskan, siapkan:

  • 1 ruas jari kunyit (hanya diambil sarinya)
  • 2 siung bawang merah ukuran sedang
  • 3 siung bawang putih ukuran sedang
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat nasi kuning dengan rice cooker:

Pertama, cuci semua bahan seperti beras dan bumbu-bumbu hingga bersih.

Kedua, setelah dicuci bersih, masukan beras dan bumbu yang sudah dihaluskan bersama ke dalam rice cooker.

Ketiga, jangan lupa untuk memasukan daun salam dan batang serai. Geprek batang serai dan ikat, ini bertujuan agar aroma serai lebih maksimal diserap oleh beras. Masukan juga penyedap rasa.

Keempat, aduk nasi bersama bumbu yang sudah dimasukan hingga teraduk rata.

Kelima, atur waktu di rice cooker seperti Anda biasa memasak nasi karena pada dasarnya memasak nasi kuning sama dengan memasak nasi biasa hanya ditambah dengan beberapa rempah dan bumbu. Tunggu hingga matang.

Sajian Pelengkap

Nasi kuning bisa disajikan langsung bersama lauk atau Anda bisa menyajikannya dengan bentuk tumpeng untuk acara-acara besar seperti ulang tahun atau syukuran. Beberapa makanan yang biasa dijadikan pelengkap santap nasi kuning diantaranya,

  • Ayam goreng, sudah tidak asing jika lauk ini menjadi pelengkap santap nasi kuning. Ayam goreng bisa disajikan dengan bumbu kecap atau balado.
  • Bawang goreng, taburkan di atas nasi kuning untuk menambah aroma agar menambah nafsu makan Anda bersama keluarga.
  • Sambal dan Lalapan, pelengkap ini khas sekali untuk keluarga sunda. Sambal terasi atau sambal dadak bersama lalapan seperti kol dan selada akan cocok tersaji bersama nasi kuning.
  • Telur, ada dua pilihan penyajian telur untuk pelengkap nasi kuning. Telur suwir atau telur balado, silahkan bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda dan keluarga.
  • Tempe dan Tahu, biasanya disajikan hanya dengan digoreng biasa, namun berbeda dengan tahu, di beberapa sajian nasi kuning biasa ditemukan tempe oreg sebagai pelengkap.
Sponsors Link

Tips Membuat Nasi Kuning Pulen

Memasak nasi kuning yang pulen dan enak memang bukan hal yang sulit tapi bukan berarti tidak perlu persiapan. Kita harus tahu beberapa hal yang menjadi kunci penentu keberhasilan memasak nasi kuning, dan berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk memasak nasi kuning di rice cooker. (Baca: Petunjuk Penggunaan Rice Cooker dengan Benar)

  1. Memilih Beras yang Bagus

Ya, nasi yang pulen tergantung pada beras yang dimasak. Begitu juga dalam membuat nasi kuning. Langkah yang benar dalam memasak menjadi tidak berarti jika bahan yang digunakan merupakan bahan yang kurang baik.

  • Maka teliti sebelum anda memilih beras. Beras yang baik bisa dilihat dari warna yang bening sedikit kekuningan, bebas dari kutu dan kerikil.
  • Hindari beras yang berwarna putih pucat, bisa jadi beras tersebut memakai pemutih yang berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda.
  • Beras yang sehat memiliki tekstru yang baik dan tidak mudah patah. Gigit beras saat anda membeli, jika beras mudah hancur berarti beras dalam kondisi tidak baik.
  • Jangan tertipu harga murah karena bisa jadi beras yang Anda beli bukan beras kualitas baik. Jika harga beras jauh dari harga pasaran, maka anda patut curiga.
Sponsors Link

  1. Memilih rempah yang baik

Beras bukan satu-satunya bahan yang dibutuhkan dalam membuat nasi kuning. Beberapa rempah juga harus disiapkan seperti daun salam dan sereh, kunyit, dan lain-lain. Pilihlah rempah yang segar dengan aroma yang harum. Jangan memilih rempah-rempah yang aromanya sudah berubah karena itu bisa jadi indikator bahwa rempah tersebut telah rusak.

  1. Kenali rice cooker Anda

Rice cooker yang dijual di pasaran terbagi ke dalam dua tipe, digital dan analog. Untuk analog, rice cooker relatif lebih mudah digunakan karena anda hanya perlu menekan satu tombol, selanjutnya anda tinggal menunggu nasi hingga matang.

Berbeda dengan analog, rice cooker digital bisa dikatakan sedikit lebih rumit karena diperuntukan untuk fungsi yang lebih spesifik. Ada beberapa tombol yang harus Anda pelajari terlebih dahulu sebelum memfungsikan Rice Cooker. (Baca: Merk Rice Cooker Terpopuler – Terbaik Yang Aman Untuk Kesehatan)

Meski rumit, rice cooker digital memiliki fungsi yang lebih mumpuni dibanding dengan Rice Cooker analog karena Rice Cooker digital dapat anda gunakan untuk memasak berbagai macam kebutuhan seperti mengukus, merebus, dan memasak.

Memasak nasi kuning bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan di rumah jadi jangan takut untuk mencoba. Sajikan nasi kuning pulen buatan Anda sendiri sebagai sajian untuk keluarga di rumah atau untuk merayakan hari bahagia. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dan keluarga untuk memasak nasi kuning yang lebih enak dan pulen.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 03rd, December 2016 / 07:11 Oleh :
Kategori : Tips