7 Cara Membuat Nasi Tim Ayam dengan Rice Cooker Termudah

ads

Nasi tim adalah salah satu hidangan yang resepnya berasal dari masyarakat keturunan tionghoa di Indonesia. Nasi tim terdiri dari nasi dan ayam berbumbu yang dimasak dengan cara dikukus bersamaan. Biasanya hidangan ini disajikan untuk bayi, orangtua atau orang-orang yang sakit karena teksturnya yang lembut sehingga mudah dicerna. Nasi tim sudah merupakan “paket lengkap” yang bergizi karena dilengkapi dengan daging, sayuran, dan kuah kaldu.

baca juga :

Selain menyehatkan, nasi tim yang menggunakan jahe juga dapat memberikan rasa hangat. Nasi tim juga cocok dihidangkan untuk balita yang mengalami susah makan atau memilih-milih makanan karena nasi tim sudah menyampurkan antara nasi kaldu dan ayam. Bentuk, tekstur dan rasanya yang berbeda dengan nasi biasa juga mungkin akan menarik perhatian si kecil dan menjadikan nasi tim sebagai  hidangan favoritnya.

Dilansir dari cookpad, berikut resep sederhana untuk membuat nasi tim ayam menggunakan ricecooker.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 Gelas Beras
  • Air kaldu sekitar 600 sampai 700 ml
  • 250 g daging ayam fillet yang dipotong dadu
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe yang berukuran sekitar 1 cm
  • Garam , Merica dan Gula secukupnya.

Bahan-bahan diatas dapat anda sesuaikan lagi dengan banyaknya nasi tim yang ingin anda buat, semuanya tergantung berapa gelas beras yang anda masukkan. Anda juga bisa berkreasi sesuai selera anda dengan menambahkan pelengkap selain daging ayam, seperti jamur dan mengurangi beberapa bahan yang tidak anda senangi, mungkin bawang karena tidak semua orang menyukai bawang yang berbau menyengat.

ads

baca juga :

Mari kita mulai memasak! Begini cara membuat nasi tim ayam dengan rice cooker :

  1. Cuci beras terlebih dahulu. Jangan terlalu lama mencuci beras karena dapat menghilangkan beberapa nutrisinya.
  2. Pastikan rice cooker berada dalam mode memasak atau ”cook”. Masukkan beras yang telah dicuci ke dalam rice cooker, kemudian masukan kaldu sesuai dengan takarannya. Biasanya hingga kaldu merendam beras setinggi 1 ruas jari dari atas beras.
  3. Tambahkan 1 sendok man minyak wijen dan garam secukupnya. Aduk secara merata.
  4. Tumislah bawang putih, bawang bombay dan jahe dengan sedikit minyak. Tumis sampai harum. Kemudian masukkan ayam ke dalam tumisan dan aduk hingga ayam berubah warna yang berarti daging ayam telah menyerap bumbu-bumbunya. Setelah itu masukkan kecap manis, saus tiram, kecap asin dan saus tomat. Jangan lupa beri sedikit kaldu, garam, merica dan gula sesuai selera anda. Biarkan beberapa menit agar bumbu lebih meresap.
  5. Sekitar 5 menit sebelum nasi matang atau ketika nasi masih aron, masukkan tumisan ayam ke dalam rice cooker. Tambahkan sedikit air kaldu lagi. Aduk rata nasi dengan tumisan ayam.
  6. Tunggu hingga nasi matang, setelah rice cooker telah menjadi mode “warm” biarkan nasi tetap di dalam rice cooker sekitar 10 menit.
  7. Nasi tim siap disajikan. Sebagai penyedap rasa, anda bisa menaburkan potongan daun bawang diatasnya. Biasanya nasi tim disajikan dengan cara dicetak dengan mangkuk dan kemudian ditangkupkan ke atas piring sehingga nasinya terbentuk secara sempurna.

Selain ayam, pelengkap nasi tim juga dapat menggunakan bahan-bahan lainnya seperti daging ikan, daging sapi, telur ayam, atau jika anda menghindari protein hewani, anda dapat menggunakan jamur.

Mudah bukan?

baca juga :

Begitulah cara mudah memasak nasi tim menggunakan rice cooker. Untuk berbagai varian masakan sederhana lainnya yang dapat dimasak dengan ricecooker, anda dapat menjelajahi artikel lain di web ini.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 24th, July 2017 / 07:43 Oleh :
Kategori : Tips