6 Cara Membuat Nasi Uduk dengan Rice Cooker

ads

Jika mendengar sesorang menyebut nasi uduk, pasti akan terbayang kenikmatan nasi putih dengan rasa gurih. Nasi uduk ini sebenarnya adalah masakan khas betawi yang biasa disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, serta kering tempe dan tahu goreng. Meski tanpa ditemani lauk, nasi uduk yang diberi taburan bawang goreng di atasnya sudah terasa nikmat jika dimakan. Rasa gurih pada nasi uduk diperoleh dari campuran berbagai rempah ketika proses memasak nasi. Rempah- rempah tersebut diantaranya adalah serai dan daun salam.

Meskipun sekarang sudah banyak yang menjual nasi uduk, tapi tidak ada salahnya mencoba membuat nasi uduk sendiri di rumah untuk dijadikan sarapan. Dahulu para ibu membuat nasi uduk dengan cara dimasak bersama rempah- rempah, baru kemudian dikukus. Cara tersebut dinilai kurang praktis bagi sebagian perempuan di zaman modern ini. Cara yang lebih mudah untuk memasak nasi uduk adalah menggunakan rice cooker. Bahkan rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak nasi liwet (silahkan baca : Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker) dan beras merah (baca juga : Cara Memasak Beras Merah Menggunakan Rice Cooker ).

Pada artikel kali ini akan dibahas cara membuat nasi uduk dengan rice cooker. Nasi uduk yang dimasak menggunakan rice cooker tidak kalah lezat dengan nasi uduk yang dimasak dengan cara konvensional. Selain itu kita bisa melakukan kegiatan lain selama rice cooker masih bekerja untuk memasak nasi. Apalagi untuk para perempuan yang aktifitas paginya sangat padat, tidak ada waktu banyak untuk membuat sarapan berupa nasi uduk. Membuat nasi uduk dengan rice cooker merupakan solusi yang tepat. Berikut adalah resep membuat nasi uduk dengan rice cooker.

Bahan Bahan

Bahan- bahan untuk membuat nasi uduk cukup simpel dan mudah didapatkan di pasar. Beberapa bahan yang harus disiapkan sebelum membuat nasi uduk yaitu :

  • 2 cup beras
  • 150 mili liter santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 3 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 1 biji pala
  • 1 sendok teh garam atau sesuai selera
  • Air secukupnya

Jika semua bahan- bahan sudah disiapkan, maka kita bisa langsung memasak nasi uduk dengan mengikuti beberapa cara membuat nasi uduk dengan ricecooker :

  1. Tahap pertama, terlebih dahulu kita cuci beras sampai bersih dari segala kotoran. Mencuci beras ini cukup 3 kali bilasan saja dan tidak sampai air cucian beras menjadi bening.
  2. Tahap kedua, kita letakkan beras ke dalam panci rice cooker. Setelah itu, kita bisa menuangkan santan dan air. Air dan santan yang ditambahkan bisa disesuaikan dengan takaran air ketika memasak nasi seperti biasa (baca juga : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker).
  3. Tahap kertiga, kita tambahkan bahan lain yakni daun salam, serai, lengkuas, jahe, biji pala dan garam. Jika semua bahan sudah dimasukkan ke dalam panci rice cooker, jangan lupa untuk mengaduknya sampai rata.
  4. Tahap keempat, kita letakkan panci rice cooker ke dalam body rice cooker lalu kita nyalakan rice cooker. Setiap alat penanak nasi mempunyai petunjuk penggunaan rice cooker yang berbeda- beda. Kita dapat menggunakan rice cooker untuk memasak nasi uduk sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  5. Tahap kelima, tunggu hingga 20 menit lalu buka penutup rire cooker, kemudian aduk- aduk nasi uduk yang belum benar- benar matang tersebut. Tujuan mengaduk nasi saat setengah matang ini adalah agar nasi uduk menjadi pulen dan tidak keras. Setelah mengaduk nasi, jangan lupa untuk menutup rice cooker kembali.
  6. Tahap terakhir, tunggu sampai rice cooker selesai memasak nasi yakni ketika lampu indikator sudah berubah ke mode menghangatkan nasi. Biarkan sebentar agar nasi uduk pulen seperti saat memasak secara tradisional. Setelah beberapa saat kita dapat menghidangkan nasi uduk beserta dengan lauk- pauknya.

Sajian Menu Pelengkap Nasi Uduk

Beberapa referensi lauk pauk yang dapat dijadikan sebagai pelengkap sajian nasi uduk yakni :

  • Kering tempe atau tempe orek
  • Telur mata sapi (telur ceplok), atau telur balado
  • Ayam goreng, bihun goreng dan krecek
  • Emping dan kerupuk
  • Berbagai macam tumis sayur, seperti tumis buncis dan tumis kacang -teri
  • Berbagai jenis semur, seperti semur jengkol, semur daging dan semur tahu
Sponsors Link

Diantara semua menu pelengkap tadi, ada satu lagi yang tidak boleh ketinggalan yakni sambal kacang. Nasi uduk betawi tidak akan lengkap tanpa adanya sambal kacang. Kita bisa membeli sambal kacang yang sudah jadi atau siap dikonsumsi. Tapi  kita juga bisa membuat sendiri karena selera rasa pedas setiap orang berbeda- beda. Untuk membuat sambal kacang sendiri, beberapa bahan yang perlukan yakni :

  • 100 gram kacang tanah
  • 2 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 3 buah cabai merah besar
  • 150 mili liter air masak
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan cuka
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • 50 gram cabai rawit atau sesuai selera
Sponsors Link

Selanjutnya langkah- langkah membuat sambal kacang bisa disimak di penjelasan berikut ini :

  1. Langkah pertama yaitu kita harus menggoreng kacang terlebih dahulu. Ketika menggoreng kacang harus diperhatikan, jangan sampai gosong. Itu dikarenakan sambal kacang yang terbuat dari kacang yan gosong bisa menghasilkan rasa yang agak pahit.
  2. Langkah kedua adalah mengukus cabai merah besar dan cabai rawit. Setelah itu kita haluskan kacang bersama dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, gula pasir, cuka, garam dan cabe rawit. Untuk menghaluskan kacang, dapat digunakan blender khusus untuk menggiling kacang. Jika tidak ada blender maka kacang dapat dihaluskan dengan cara ditumbuk. Kacang tanah yang sudah dihaluskan bersama dengan bumbunya kemudian disebut dengan sambal kacang.
  3. Langkah ketiga yakni menggoreng sambal kacang menggunakan 1 sendok makan minyak goreng. Goreng sambal kacang sambil diaduk- aduk sampai matang.
  4. Langkah keempat adalah memasak sambal kacang menggunakan air hingga menyusut. Jika sambal kacang sudah larut dalam air, maka sambal kacang siap digunakan sebagai pelengkap sajian nasi uduk.

Kita bisa mencoba membuat sambal lain untuk melengkapi sajian nasi uduk, diantaranya yakni sambal kemiri, sambal goreng atau bisa juga dengan sambal mangga.

Demikian cara membuat nasi uduk dengan rice cooker beserta cara membuat sambal kacangnya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu aktivitas para ibu di dapur. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 06:36 Oleh :
Kategori : Tips