10 Cara Membuat Wajik Dengan Rice Cooker Paling Praktis

ads

Cara membuat wajik dengan rice cooker ternyata juga bisa dilakukan. Wajik adalah salah satu cemilan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan dengan rasa yang manis khas gula merah. Wajik sangat cocok dinikmati bersama keluarga di malam hari atau ketika menghabiskan waktu bersama di akhir pekan sambil menonton acara favorit di televisi. Selain itu cemilan ini juga sangat enak dan murah meriah. Cara membuat wajik juga tidak terlalu sulit apalagi jika Anda memiliki rice cooker di rumah dan tahu bagaimana cara masak ketan dengan rice cooker maka proses membuat wajikpun menjadi lebih praktis.

Artikel Terkait:

Yang Harus Disiapkan untuk Membuat Wajik dengan Rice Cooker:

  • ½ kg beras ketan (pilih beras ketan yang berkualitas bagus)
  • 350 gram gula merah (sebaiknya pilih gula merah jenis gula aren agar rasanya lebih enak)
  • 50 gram gula pasir
  • 1 ½ gelas belimbing santan kental (sebaiknya ambil dari 1 butir kelapa agar rasanya lebih gurih)
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan (cuci bersih)
  • 200 ml air

Peralatan Yang Harus Disiapkan:

  • Steam Rack Rice Cooker
  • Wajan Penggorengan Ukuran Agak Besar
  • Spatula Kayu
  • Loyang Untuk Mencetak Wajik

Cara Membuat Wajik Enak dan Legit:

  1. Pertama-tama cucilah beras ketan sampai benar-benar bersih.
  2. Setelah itu rendam beras ketan selama 2-3 jam. Hal ini penting dilakukan karena proses merendam ini berfungsi membuat beras ketan menjadi lebih lunak, beras ketan yang lunak akan lebih lengket ketika nanti dimasak.
  3. Siapakan panci rice cooker dan steam rack. Isi air secukupnya dan kukus ketan sampai tombol rice cooker berubah dari ‘cook’ menjadi ‘warm’.
  4. Kemudian pindahkan beras ketan yang sudah dikukus ke dalam teflon rice cooker. Tambahkan 200 ml air dan masak kembali beras ketan sampai air terserap semua dan tombol rice cooker berubah dari ‘cook’ menjadi ‘warm’ kembali.
  5. Sambil menunggu proses nomer 4, sebaiknya siapkan wajan penggorengan yang ukurannya agak besar. Kemudian masak santan, gula merah, gula pasir, garam dan tambahkan daun pandan sampai kental. Proses ini tidak bisa menggunakan rice cooker karena proses ini sangat mudah gosong jika tidak diaduk terus menerus.
  6. Setelah ketan di rice cooker masak, keluarkan dan diamkan beberapa menit terlebih dahulu.
  7. Ketika santan sudah agak kental masukkan ketan dan aduk terus sampai santa dan gula terserap habis. Aduk terus sampai kering dan ketan berubah warna menjadi coklat dan mengkilat.
  8. Siapkan loyang dan masukkan ketan yang masih panas kedalam loyang dan ditekan-tekan agar padat. Proses ini penting karena nanti ketika dipotong teksturnya akan padat dan enak digigit.
  9. Kemudian dinginkan wajik sampai padat sempurna.
  10. Setelah padat sempurna baru boleh wajik dipotong-potong dan siap disajikan.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Optimalkan Fungsi Rice Cooker di Rumah Anda

Tentunya Anda tahu bagaimana cara menanak nasi dengan rice cooker, namun ternyata banyak cara untuk memanfaatkan rice cooker di rumah Anda. Pelajari bagaimana cara membuat nasi liwet dengan rice cooker, cara membuat nasi kuning dengan rice cooker bahkan Anda juga mempelajari bagaimana cara membuat brownies kukus menggunakan rice cooker.

Selain itu rice cooker saat ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti slow cooker sehingga cara membuat bubur dengan rice cooker tak lagi memerlukan waktu yang lama dan pengadukan yang terus menerus karena dengan rice cooker segala kebutuhan memasak Anda dapat teratasi.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 15th, April 2017 / 13:37 Oleh :
Kategori : Tips