5 Cara Memilih Rice Cooker yang Sehat untuk Keluarga

ads

Cara memilih rice cooker yang sehat bukanlah perkara mudah terutama bagi Anda yang memang sangat memperhatikan kesehatan keluarga Anda. Salah satu cara membina keluarga sehat adalah dengan selalu menyedikan makanan yang sehat pula serta memiliki komposisi gizi dan nutrisi seimbang. Ternyata bagaimana Anda memilih rice cooker juga memiliki peranan yang sangat penting karena nasi yang sehat adalah merupakan salah satu faktor pendukung keluarga yang sehat.

Artikel Terkait:

Tips Memilih Rice Cooker yang Sehat untuk Keluarga

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang keseharian Anda adalah untuk mengurus keluarga maka memilih rice cooker yang sehat adalah tugas utama Anda. Ternyata ada juga jenis rice cooker yang ternyata tidak memenuhi standar SNI dan justru dapat membahayakan keluarga Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan acuan ketika hendak memilih rice cooker yang sehat.

  • Pertama tentukan dulu jenis rice cooker seperti apa yang Anda butuhkan. Hitung jumlah anggota keluarga Anda sehingga Anda bisa memilih ukuran yang tepat sehingga nasi cukup untuk seluruh anggota keluarga. Jangan pula memasak nasi terlalu banyak karena akan mubazir dan walaupun beberapa jenis rice cooker bisa menghangatkan nasi sampai 48 jam tapi sebaiknya demi kesehatan keluarga Anda, selalu siapkan nasi yang baru setiap hari agar nasi yang disajikan tetap segar dan sehat.
  • Setelah itu pilih jenis fitur tambahan yang Anda inginkan, misalnya apakah Anda menginginkan rice cooker dengan pengukus berukuran besar karena Anda suka membuat kue untuk dihidangkan bagi keluarga Anda.
  • Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah budget yang Anda miliki. Saat ini harga rice cooker memang sangat terjangkau tapi jangan pernah berfikir untuk membeli rice cooker karena harganya yang sangat murah. Terjangkau boleh tapi murahan jangan karena ternyata terdapat beberapa jenis rice cooker yang dijual bebas di pasaran tapi tidak memiliki logo SNI. Rice cooker jenis ini yang tak hanya dapat merugikan Anda secara finansial karena biasanya cepat rusak tapi juga dapat berbahaya bagi kesehatan terutama ketika lapisan teflon pada panci rice cookernya tidak terjamin kualitasnya.
  • Jika Anda sudah menentukan apa yang benar-benar Anda inginkan, mulai dari jenis ukuran rice cooker dan fitur tambahan yang Anda butuhkan sampai berapa banyak budget yang Anda miliki, selanjutnya memilih merk rice cooker. Proses ini merupakan proses kunci karena jika Anda menilik lebih lanjut banyak sekali merk rice cooker yang beredar di pasaran, proses memilihnya bisa menjadi sangat pelik. Tapi pastikan Anda hanya memilih jenis magic com atau rice cooker keluaran merk terkenal atau yang banyak direkomendasikan walaupun memang rice cooker bermerk harganya relatif lebih tinggi dari yang abal-abalan tapi anggap saja hal ini sebagai investasi karena rice cooker bermerk yang ditawarkan dengan harga relatif mahal juga menawarkan kualitas yang tentunya sebanding dengan uang yang Anda keluarkan.
  • Proses pembelian sebaiknya dilakukan secara langsung, walaupun saat ini banyak layanan online shopping yang bisa Anda manfaatkan tapi demi jaminan kualitas sebaiknya Anda membelinya secara langsung karena Anda perlu mengecek fisik barang terlebih dahulu dan tentunya memastikan semua barang asli dan memiliki garansi yang dapat dipercaya serta bebas dari bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada keluarga Anda.

Proses memilih rice cooker yang sehat memang penting namun tak hanya sampai di situ saja karena cara Anda merawat rice cooker juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan keluarga Anda. Untuk apa Anda membayar mahal untuk sebuah rice cooker tapi tidak dirawat dengan baik, pada akhirnya rice cooker Anda justru menjadi cepat rusak.

Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet dan Tetap Sehat

Well, kebanyakan orang hanya tahu bagaimana cara menggunakan rice cooker tapi kurang paham dengan komponen-komponen rice cooker dan bagaimana cara membersihkan rice cooker. Berikut adalah cara praktis untuk merawat dan membersihkan rice cooker Anda.

  • Kenali komponen-komponen rice cooker yang harus sering Anda bersihkan yaitu bagian panci rice cooker, bagian dalam rice cooker, lempeng tutup rice cooker, tabung uap air rice cooker dan tempat Anda meletakkan rice cooker. Kebanyakan orang hanya membersihkan rice cookernya saja tapi lupa untuk membersihkan tempat atau lemari tempat mereka menyimpan rice cooker karena biasanya rice cooker jarang dipindahkan sehingga kemungkinan debu menumpuk di bagian bawah rice cooker yang jika tidak sering dibersihkan akan menjadi sarang debu dan kuman.
  • Komponen pertama yang paling penting dan harus dibersihkan dengan sangat hati-hati adalah panci rice cooker dan Anda harus tahu cara merawat panci rice cooker yang benar. Saat ini kebanyakan atau malah semua jenis rice cooker menggunakan lapisan anti lengket pada panci rice cookernya. Tujuannya tentu saja akan menjaga nasi tetap segar dan tidak lengket ketika dihangatkan. Namun perawatan yang salah dapat menyebabkan panci rice cooker terkelupas. Anda harus tahu juga bahaya rice cooker anti lengket karena kalau terkelupas dan termakan justru dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi keluarga Anda. Jadi agar tidak terkelupas, pelajari cara merawat panci teflon rice cooker dengan benar yaitu dengan direndam terlebih dahulu dan jangan disikat menggunakan sikat kasar.
  • Kemudian membersihkan bagian dalam rice cooker. Gunakan lap basah ketika membersihkan bagian dalamnya tapi setelah itu jangan lupa untuk dilap sampai kering.
  • Buang air pada tabung uap air rice cooker secara teratur. Sebaiknya justru dilakukan setiap hari setiap kali Anda akan memasak nasi. Uap air yang tertampung di tabung jika tidak sering dibersihkan akan menghasilkan bau yang tidak sedap dan justru dapat membuat nasi cepat basi.
  • Bersihkan juga bagian pinggir rice cooker karena biasanya banyak terdapat sisa-sisa nasi yang mengering dan jika tidak sering dibersihkan, nasi yang mengering itu akan membuat tutup rice cooker Anda tidak rapat, hasilnya nasi di dalam rice cooker akan menjadi cepat kering dan tidak bisa dimakan.
  • Bagian tutup rice cooker jangan hanya sekedar di lap saja tapi sekali-sekali juga harus dibuka untuk membersihkan lempeng bagian dalamnya pelajari cara membuka tutup elemen magic com untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagian komponen ini. Karena tanpa Anda sadari uap air dari nasi biasanya juga ikut mengalir ke bagian dalam lempeng, jika dibiarkan tanpa dibersihkan uap air itu akan membentuk kerak dan akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Artikel Terkait:

Jadi memilih rice cooker yang sehat untuk keluarga juga ada caranya dan tidak boleh sembarang beli. Selain itu barang mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda dan akhirnya justru mubazir. Yang penting untuk diingat juga adalah walaupun rice cooker yang Anda beli mahal tapi jika perawatannya tidak tepat dan tidak pernah dibersihkan maka rice cooker bisa menjadi sarang bakteri padahal rice cooker adalah alat yang Anda gunakan untuk memasak nasi setiap hari untuk keluarga Anda jadi pastikan selalu bersih dan aman untuk keluarga Anda.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 03rd, October 2017 / 05:26 Oleh :
Kategori : Tips