Cara Memperbaiki Rice Cooker Nasi Cepat Bau dan Kuning Paling Mudah

ads

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Biasanya nasi disantap dengan lauk pauk dan olahan sayur mayur. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada nasi mampu memberikan energi yang cukup bagi manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika pada zaman dahulu, orang memasak nasi dengan menggunakan dandang dan kompor yang membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama. Kini, proses memasak nasi lebih mudah dan praktis dengan bantuan rice cooker. Alat penanak nasi otomatis ini mampu memasak nasi lebih cepat, mudah dan hasilnya pun enak dimakan. Meski lebih bergantung pada jenis beras yang dimasak.

Namun, ada saja masalah yang bisa mengenai rice cooker ini. Salah satunya ialah nasi yang dimasak menjadi cepat bau dan kuning atau yang biasa disebut nasi basi. Masak nasi pada pagi hari, tetapi sorenya sudah basi. Padahal biasanya nasi bisa awet hingga seharian penuh, bahkan hingga keesokan paginya masih tetap nikmat disantap. Jika mendapati nasi basi di dalam rice cooker, tentu nafsu makan Anda pun hilang. Belum lagi kerugian tenaga, waktu dan tentu saja finansial. Jangan lantas bersedih hati atau bahkan putus asa saat mengalami masalah ini, karena Anda bisa menemukan solusi jitu di sini.

Berikut ini cara memperbaiki rice cooker nasi cepat bau dan kuning dengan tepat.

1. Mencuci Beras Sampai Bersih

Pilihlah beras yang benar-benar berkualitas, dilihat dari warnanya yang putih cerah, bulirnya berisi, tidak berbau atau berkutu dan tidak mengandung padatan yang berbahaya. Sebelum dicuci, bersihkan beras dengan menggunakan tampah atau sejenisnya untuk menghilangkan kotoran padat di dalamnya. Setelah yakin cukup bersih, lalu cucilah beras sampai bersih. Caranya, tempatkan beras pada wadah khusus misalnya baskom, lalu masukkan air secukupnya. Amati sesaat, kotoran yang terdapat diantara beras akan terangkat ke permukaan air. Kemudian buanglah air beserta kotoran di dalamnya. Ulangi cara serupa, namun kali ini aduklah perlahan beras hingga semua kotorannya terangkat ke permukaan beras. Kemudian buang air tersebut. Beras siap dimasak.

2. Membersihkan Rice Cooker Secara Teratur

Bersihkanlah bagian-bagian rice cooker secara teratur. Meliputi panci, penampung uap, bagian tutup, bagian dalam dan luar rice cooker. Temukan dan pelajari cara membersihkan rice cooker sesuai komponennya dengan tepat di situs ini.

3. Aduk Nasi Saat Tepat Matang

Nasi yang sudah matang di dalam rice cooker ditandai dengan berubahnya tombol/saklar cook menjadi warm. Saat nasi tepat matang, umumnya ada instruksi dari buku petunjuk penggunaan untuk menunggunya sekitar 15 menit, baru Anda boleh membukanya. Mungkin instruksi ini hanya berlaku pada beberapa jenis rice cooker.

Setelah itu, aduklah nasi tersebut dengan gerakan memutar untuk mengeluarkan uap yang tersimpan di dalamnya. Uap tersebut berpotensi mengundang mikroorganisme yang dapat mempercepat pembusukan nasi, yang dalam hal ini nasi menjadi kuning dan berbau tidak sedap.

4. Menambahkan Tetesan Air Jeruk Nipis

Anda bisa menerapkan tips memasak nasi di rice cooker yang satu ini untuk mendapatkan nasi yang lebih putih dan awet. Tetesi air jeruk nipis sebanyak satu sendok makan ke dalam beras yang hendak dimasak. Lakukan secara merata. Pilihlah jeruk nipis yang sudah agak matang.

5. Memasak Nasi untuk Dikonsumsi Sehari

Jangan memasak nasi terlalu banyak, masaklah sesuai porsi yang dibutuhkan untuk satu hari makan. Sehingga tidak menyisakan nasi di malam hari yang bisa saja menjadi basi di pagi hari.

Jangan lupa untuk menyesuaikan kebutuhan air untuk memasak nasi. Jika terlalu sedikit, nasi menjadi keras dan cepat kering. Namun, bila terlalu banyak, nasi menjadi lembek dan cepat basi. Jadi, pastikan takaran airnya pas.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki rice cooker nasi cepat bau dan kuning yang bisa Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 11th, October 2018 / 12:37 Oleh :
Kategori : Tips