Cara Memperbaiki Saklar Rice Cooker Paling Mudah Dilakukan

ads

Hampir setiap alat elektronik memiliki batas usia pemakaian. Rata-rata hanya mencapai 5 tahun pemakaian. Melebihi itu, kinerja suatu alat elektronik akan menurun dan perlahan tidak bisa lagi digunakan. Tidak terkecuali pada rice cooker. Alat penanak nasi otomatis ini cukup rentan terhadap berbagai jenis kerusakan. Salah satunya kerusakan pada bagian saklar. Saklar yang tidak berfungsi kerap kali terjadi pada semua jenis rice cooker. Terutama rice cooker tipe standar. Selain karena umur rice cooker yang telah tua, penyebab lainnya antara lain penggunaan yang melewati kapasitas, bawaan pabrik dan lain-lain.

Kini Anda tidak perlu resah lagi saat mendapati saklar rice cooker Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Karena Anda bisa memperbaikinya sendiri. Bagaimanakah caranya? Nah, simaklah ulasan di bawa ini untuk mengetahui cara memperbaiki saklar rice cooker yang mengalami kerusakan.

  • Pahami Dulu Apa Itu Saklar Rice Cooker

Rice cooker dilengkapi dengan dua bagian utama berdasarkan letaknya yakni bagian luar dan bagian dalam. Saklar rice cooker termasuk dalam bagian luar rice cooker. Saklar ini berupa switch atau tombol cook (memasak) dan warm (menghangatkan). Pada jenis rice cooker tertentu mungkin ditemukan perbedaan.

Pada umumnya saklar rice cooker difungsikan dengan cara ditekan ke atas atau bawah. Ada pula yang cukup ditekan ke dalam seperti tombol pada umumnya. Saklar rice cooker berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan saklar lampu atau sejenisnya.

  • Cara Memperbaiki Saklar Rice Cooker

Anda perlu memahami langkah-langkah berikut ini sebelum memperbaiki saklar rice cooker dengan tangan sendiri. Gunakan pula buku petunjuk penggunaan sebagai penunjang Anda dalam mempelajari bagian rice cooker dan fungsinya dengan benar.

Cara Membongkar Bagian Saklar Rice Cooker

1. Putuskan sambungan antara stop kontak rice cooker dengan sumber daya listrik.

2. Keluarkan panci rice cooker.

3. Perhatikan dua buah sekrup yang terdapat pada bagian bawah luar rice cooker, gunakan obeng plus untuk melepaskan kedua sekrup tersebut

4. Setelah sekrup terlepas, kemudian lepaskan bagian bawah rice cooker dengan obeng minus secara perlahan.

Cara Mendeteksi Kerusakan Pada Saklar Rice Cooker

1. Setelah bagian saklar terbuka, Anda dapat melihat komponennya. Periksalah bagian tengah yang berbentuk silinder dengan per yang terdapat di bagian dalamnya. Pada bagian tersebut terjadi perputaran dan pergeseran sehingga plat pada silindernya akan menahan pengungkit.

2. Lalu gunakan jari tangan untuk memutar silinder tersebut hingga plat pengungkit tidak terhambat oleh plat yang terdiri atas tiga buah di bagian silinder.

Sponsors Link

3. Selanjutnya ujilah apakah perbaikan sudah benar atau belum, caranya dengan menekan sekaligus menahan silinder pada bagian dalam rice cooker yang biasanya tertekan oleh panci ketika proses memasak. Lalu tekanlah saklar pada posisi cook, amatilah apakah saklar tersebut berhasil terkunci dengan baik atau tidak. Jika sudah terkunci dengan baik, maka perbaikan saklar berhasil.

4. Pasang kembali bagian-bagian rice cooker sesuai pada tempatnya.

Itulah beberapa cara memperbaiki saklar rice cooker dengan baik dan benar. Di samping itu, Anda juga harus mengetahui kerusakan lainnya, misalnya penyebab rice cooker tidak mau menyala. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 07:47 Oleh :
Kategori : Tips