6 Cara Menanak Nasi Agar Pulen Menggunakan Rice Cooker

ads

Cara menanak nasi agar pulen juga ada caranya dan sayangnya ketergantungan orang pada rice cooker membuat mereka malas mencari tahu tentang bagaimana cara memasak nasi dengan rice cooker namun tetap pulen. Memang betul cara menanak nasi menggunakan kompor atau cara memasak nasi dengan dandang memang tidak praktis dan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit tapi biasanya nasi yang dihasilkan memang lebih pulen karena prosesnya ditinjau secara bertahap sampai akhirnya nasi tersaji hangat dan pulen di atas meja dibandingkan dengan rice cooker dan itu merupakan kelebihan dan kekurangan memasak nasi dengan rice cooker. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memasak nasi yang pulen dengan menggunakan rice cooker.

Artikel Terkait:

Tips dan Cara Menanak Nasi Agar Pulen

Memang betul terdapat banyak sekali jenis rice cooker saat ini tersedia dalam berbagai merek, ukuran dan fitur. Oleh karena itu untuk menghasilkan nasi yang berkualitas sebaiknya selalu baca petunjuk penggunaan rice cooker dengan baik sebelum menggunakannya, namun pada dasarnya caranya relatif sama saja.

  1. Pada intinya semua beras berkualitas baik akan selalu pulen ketika dimasak. Jadi pastikan untuk hanya memilih jenis beras berkualitas baik jika ingin menyajikan nasi yang pulen dan enak untuk seluruh keluarga Anda.
  2. Proses pencucian beras juga penting untuk diperhatikan karena biasanya beras disimpan terlalu lama digudang sehingga bisa saja berbau apek atau ada partikel-partikel debu yang menempel. Cucilah beras dengan seksama sampai benar-benar bersih juga merupakan salah satu cara menanak nasi dengan rice cooker agar pulen dan enak.
  3. Ketika beras sudah dicuci bersih tambahkan air dengan takaran yang tepat sesuai jenis beras. Memang betul ada beberapa jenis beras, ada beras yang tahan air sehingga tidak mudah lembek tapi ada juga beras yang tak tahan air sehingga sangat mudah lembek. Kenali karakteristik jenis beras yang Anda konsumsi dengan baik dan berikan takaran yang sesuai. Ingat selalu gunakan air yang benar-benar bersih ketika memasak nasi jika ingin menghasilkan nasi yang pulen dan enak.
  4. Masak nasi dalam rice cooker dan supaya nasi wangi dan pulen, boleh juga ditambahkan sobekan daun pandan kemudian tunggu sampai tombol ‘cook’ berubah menjadi tombol ‘warm’.
  5. Jika rice cooker sudah berubah dari ‘cook’ ke ‘warm’ sebaiknya jangan langsung dibuka atau disajikan tapi biarkan dulu beberapa saat agar nasi tanak dan pulen.
  6. Setelah itu segera aduk nasi sebelum disajikan, fungsinya adalah nasi akan bertahan pulen lebih lama jika diaduk secara merata karena jika tidak diaduk, sisa-sisa uap air yang ada di butiran nasi akan mengendap ke bawah sehingga membuat nasi bagian bawah menjadi cepat mengeras.

Artikel Terkait:

Ternyata tidak sulit kan memasak nasi agar pulen menggunakan rice cooker. Walaupun memang sulit untuk menentukan jenis beras yang akan dimasak jika tidak dicoba terlebih dahulu, jadi jangan ragu untuk menanyakan kepada penjual jenis beras yang akan Anda beli apakah tahan air atau tidak tahan air. Tapi biasanya beras berkualitas baik selalu tahan air sehingga dengan takaran air yang tepat tidak akan membuat beras menjadi lembek.

Kualitas dan jenis magic com sebenarnya juga berpengaruh terhadap nasi yang dihasilkan dan yang terpenting adalah bagaimana cara merawat rice cooker agar awet dengan benar. Selain itu cara membersihkan rice cooker juga wajib untuk Anda ketahui karena rice cooker yang jarang dibersihkan merupakan sarang bakteri dan kuman penyakit.

Sponsors Link
,
Post Date: Monday 27th, November 2017 / 20:49 Oleh :
Kategori : Tips