Cara Menanak Nasi dengan Panci Paling mudah

ads

Cara menanak nasi dengan panci dulunya merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk memasak nasi tapi saat ini metode memasak nasi cara ini perlahan-lahan sudah mulai ditinggalkan karena kebanyakan orang lebih suka menggunakan rice cooker atau penanak nasi elektronik untuk memasak nasi. Jadi banyak orang tahu cara memasak nasi dengan rice cooker tapi tidak heran jika anak jaman sekarang atau kebanyakan remaja putri saat ini tidak lagi tahu bagaimana cara menggunakan panci untuk memasak nasi. Namun, ternyata sangat penting sekali mempelajari cara menanak nasi dengan panci karena jika listrik mati, setidaknya masih ada satu solusi lagi untuk digunakan memasak nasi.

Artikel Terkait:

Terdapat Dua Cara Menanak Nasi dengan Panci

Sebenarnya menanak nasi dengan panci ada dua cara yang pertama adalah dengan cara dikukus dan kedua adalah dengan cara ditim.

Menanak Nasi dengan Cara Dikukus

Cara ini hanya berlaku atau bisa dilakukan jika Anda memiliki panci pengukus yaitu jenis panci yang memiliki lempengan bolong-bolong ditengahnya yang sering juga disebut sebagai sarang panci.

  • Pertama cuci beras sampai bersih.
  • Siapkan wajan untuk mengaron nasi terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke panci kukusan. Caranya sangat mudah, masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan, tambahkan air dan aron atau aduk bolak balik sampai air agak mengering tapi kondisi beras masih agak keras dan lengket.
  • Ketika Anda mengaron nasi, sebaiknya Anda sudah meletakkan panci kukusan yang sudah diberi air tidak melebihi batas sarang panci di atas kompor.
  • Ketika panci kukusan sudah panas dan nasi sudah selesai diaron, masukkan nasi ke dalam panci kukusan.
  • Tunggu sampai nasi benar-benar tanak dan nasi siap dihidangkan.

Fungsi nasi diaron terlebih dahulu adalah untuk mempersingkat proses pengukusan sementara proses pengukusan akan membuat nasi tanak dan enak dimakan.

Artikel Terkait:

Menanak Nasi dengan Cara Ditim

Menanak nasi dengan cara ditim jauh lebih praktis dibandingkan dengan menanak nasi menggunakan panci kukusan dan bagi Anda yang tidak memiliki panci kukusan di rumah cara ini tentunya sangat berguna bagi Anda.

  • Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mencuci beras hingga benar-benar bersih karena hal ini dapat mencegah nasi menjadi cepat basi.
  • Kemudian siapkan panci dan isi dengan air bersih. Tidak perlu sampai penuh, cukup setengahnya saja.
  • Siapkan panci yang lebih kecil atau mangkuk terbuat dari alumunium atau wadah tahan panas lainnya dan masukkan beras.
  • Letakkan wadah yang lebih kecil itu di dalam panci yang sudah diisi air dan tutup.
  • Tunggu sampai beras matang dan tanak baru nasi siap dihidangkan.
Sponsors Link

Hasil nasi yang ditim memang tidak setanak nasi yang dikukus tapi proses memasaknya memang lebih praktis dan lebih cepat.

Artikel Terkait:

Tidak dapat dipungkiri fungsi rice cooker memang memberikan banyak sekali keuntungan karena selain proses memasaknya yang super praktis, Anda juga bisa menghemat tenaga, waktu dan gas. Cara menanak nasi dengan rice cooker sangatlah praktis dimana nasi yang sudah bersih dicuci dimasukkan ke dalam panci rice cooker dan setelah itu dimasukkan ke dalam rice cooker. Terakhir Anda hanya tinggal menekan tombol ‘cook’ dan selesai. Sambil menunggu nasi masak, Anda bisa melakukan aktifitas lainnya tanpa harus ditunggu. Tidak seperti ketika memasak nasi dengan panci, Anda harus sering-sering mengecek apakah nasi sudah masak, apakah air di panci cukup atau kurang sehingga harus ditambah sehingga Anda tidak bisa leluasa melakukan aktifitas lainnya.

Sponsors Link
,
Post Date: Wednesday 14th, June 2017 / 10:23 Oleh :
Kategori : Tips