9 Cara Menanak Nasi Dengan Rice Cooker

ads

Belum makan, jika perut belum bertemu dengan nasi. Itu lah yang jadi kebiasaan bagi kebanyakan orang Indonesia pada umumnya. Maka daripada itu, di Indonesia nasi merupakan salah satu makanan pokok yang pasti dicari setidaknya sekali dalam sehari. Hal tersebut disebabkan karena kebanyakan orang  menganggap bahwa nasi adalah sumber karbohidrat yang paling bisa memenuhi kebutuhan tenaga untuk beraktivitas seharian. Sebetulnya itu bukan isapan jempol belaka. Nasi memang merupakan sumber tenaga, dimana karbohidratnya merupakan sumber energi yang tidak tergantikan bagi tubuh.

Pada jaman dahulu atau mungkin di berbagai daerah, menanak nasi masih dilakukan secara tradisional , dimana nasi  dimasak diatas tungku, kompor minyak atau kompor gas dimana proses menanak nasi nya pun dilakukan dalam 2 tahap, yaitu proses pemasakan lalu pematangan (biasanya nasi dibungkus oleh jaring-jaring). Sebetulnya dengan menggunakan cara apapun, menanak nasi bisa saja dilakukan. Hanya saja, kita melihat efesiensi waktu yang digunakan. Kebayang kan, jika kita sedang terburu-buru apalagi terkejar waktu untuk membuat sarapan atau bekal anak ke sekolah ataupun suami ke kantor yang mengharuskan berangkat pagi-pagi apabila masih menggunakan cara tradisional seperti itu.

Untungnya, di era serba teknologi ini, kita telah disediakan alat untuk menanak nasi dengan mudah dan cepat yang tentunya tidak menghilangkan cita rasa nasi yang lezat. Salah satunya adalah kita bisa menggunakan rice cooker (baca juga : Rice Cooker Sanyo Terbaru), alat elektronik yang bisa menanak nasi tanpa harus menyalakan kompor, yang tinggal colok listrik, nasi pun bisa sudah siap dihidangkan tanpa harus melakukan beberapa tahap seperti menanak nasi secara tradisional. (Baca juga : Merk Rice Cooker Terpopuler – Terbaik Yang Aman Untuk Kesehatan)

Untuk menanak nasi  menggunakan rice cooker sendiri sangat lah mudah, dan hampir sama dengan menanak secara tradisional pada umumnya (baca : Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker ). Berikut cara menanak nasi menggunakan rice cooker (Baca juga: Cara Masak Ketan dengan Rice Cooker )

 1. Persiapkan beras sesuai dengan kebutuhan

Ambil beras sesuai dengan kebutuhan. Untuk memudahkan pengukuran, pergunakan cup yang biasanya diberikan dari produk rice cooker itu sendiri. Biasanya 1 cup beras bisa digunakan untuk 2-3 piring makan orang dewasa. Disarankan, beras jangan langsung dimasukan ke dalam panci rice cooker, karena pada saat proses pencucian bisa memperpendek umur alumunium panci rice cooker itu sendiri. Pergunakan lah wadah yang lain untuk proses sebelum menanak nasi. (Baca juga : Panci Rice Cooker Stainless Steel)

 2. Cuci beras hingga bersih

Bersihkan beras dari berbagai kotoran, karena biasanya beras tersebut berasal langsung dari penggilingan dengan tanpa proses pembersihan terlebih dahulu. Untuk menjaga agar tetap higienis sehingga aman dikonsumsi, cuci beras hingga bersih. Pada saat pencucian awal, air cucian beras akan berwarna putih susu pekat.

Cuci beras, hingga air dari cucian beras berwarna bening. Perlu diperhatikan, saat mencuci beras biasanya ada kerikil ataupun kulit biji beras yang masih tertinggal dari penggilingan. Ambilah benda-benda tersebut ketika air sudah agak bening agar terlihat dan mudah untuk mengambilnya. (Baca juga : Cara Membuat Nasi Uduk dengan Rice Cooker )

 3. Isi beras dengan air bersih

Setelah beras diarasa cukup bersih, tuangkan beras tersebut ke dalam panci rice cooker. Isi panci tersebut dengan air bersih. Pastikan beras terendam oleh air bersih, karena jika tidak bisa mengakibatkan nasi tidak matang dengan sempurna dan cenderung keras hasil nasinya.

Namun jangan sampai air terlalu merendam beras, karena bisa mengakibatkan nasi menjadi lembek. Untuk memudahkan takaran banyaknya air, kita bisa pergunakan garis pertama jari telunjuk. Kita tanamkan telunjuk kita mengarah ke beras. Pastikan telunjuk kita menyentuh permukaan beras paling atas. Isi air hingga mencapai garis pertama jari telunjuk yang sedang menyentuh permukaan beras paling atas.

 4. Masukan panci ke dalam rice cooker

Jika beras sudah diisi air, masukan panci yang sudah terisi beras dan air tersebut ke dalam rice cooker. Ada beberapa yang biasanya mendiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 5 menit. Hal itu dilakukan guna mendapatkan nasi yang lembut. Namun itu disesuaikan dari jenis berasnya juga.

 5. Nyalakan rice cooker

Jangan lupa, tutup panci rice cooker lalu nyalakan rice cooker dengan mencolokan kabel listriknya. Pada panel yang ada di depan rice cooker, pastikan status rice cooker tersebut adalah cook. Pada umumnya, tekan panel rice cooker kebawah dan lampu indicator untuk cook akan menyala.

Biasanya lampu indicatornya berwarna merah. Jangan sampai, setelah kita mencolokan kabel listriknya, kita tidak memeriksa status dari rice cooker itu sendiri. Hal ini mengakibatkan, beras tidak akan matang dan tetap dengan bentuknya. Kejadian ini seringkali terjadi ketika kita sedang terburu – buru atau kurang menekan panel rice cooker tanpa memastikan kembali. (baca juga : Rice Cooker Cosmos Mini dan Besar beserta Spesifikasinya)

Sponsors Link

 6. Tunggu proses penanakan nasi

Kita tinggal menunggu nasi matang dengan sempurna. Biasanya ini memakan waktu 25 – 35 menit. Kita tidak perlu menggunakan timer atau penghitung waktu apapun untuk menunggu nasi matang. Tidak dianjurkan juga untuk membuka tutup panci pada saat proses pemasakan, karena itu bisa mengakibatkan nasi tidak matang dengan sempurna dan rasa nasi yang dihasilkan pun tidak akan terlalu baik.

Jadi untuk proses pemasakan ini, kita tidak perlu melakukan apa – apa, hanya menunggu nasi matang saja. Nasi sudah matang ditandai dengan berubah statusnya menjadi keep warm, lampu indikator berubah dan ada bunyi ‘klik’ yang dihasilkan dari panel rice cooker berpindah ke atas.  (baca juga : Cara Membuat Nasi Gurih dengan Rice Cooker )

  7. Diamkan nasi terlebih dahulu

Pada saat nasi sudah matang, jangan langsung diangkat dari rice cooker. Diamkan nasi terlebih dahulu sekitar 5 – 10 menit agar nasi tidak lengket dan nasi mengembang sempurna. Biasanya, jika kita langsung angkat, nasi akan terkesan lembek dan agak lengket. (Baca juga : Steamer Rice Cooker Maspion )

Sponsors Link

 8. Pindahkan nasi dari rice cooker

Untuk rice cooker sendiri digunakan hanya untuk memasak nasi, bukan untuk memanaskan nasi, jadi ketika nasi sudah matang jangan diamkan nasi di dalam rice cooker hanya dengan tujuan ingin mendapatkan nasi yang tetap hangat. Lebih baik, nasi dipindahkan ke bakul nasi atau tempat lain.

Pindahkan nasi sampai bersih hingga tidak ada nasi yang tersisa dari panci rice cooker. Jika masih ada yang tersisa, bisa mengakibatkan nasi menjadi kering dalam alumunium panci rice cooker sehingga menyulitkan pada saat pembersihan panci rice cooker. (Baca juga : Teflon Rice Cooker – Kelebihan dan Kekurangannya )

 9. Nasi siap dihidangkan

Nasi sudah siap dihidangkan dan disantap dengan lauk pauk yang akan menjadi pelengkap nasi. Lebih nikmat, nasi disantap dalam keadaan hangat karena selain bisa menambah cita rasa makanan karena aroma nasinya, juga menjadikan nasi menjadi terasa tidak hambar. (Baca juga : Cara Membuat Nasi Kuning dengan Rice Cooker )

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, January 2017 / 17:55 Oleh :
Kategori : Tips