5 Cara Mengatasi Teflon yang Mengelupas Paling Tepat

ads

Cara mengatasi teflon yang mengelupas hanya ada satu yaitu dengan cara menggantinya dengan yang baru. Tidak dapat dipungkiri, lapisan anti lengket pada panci rice cooker dan peralatan masak lainnya memberikan banyak sekali kemudahan dalam proses memasak karena dengan begitu para ibu dan remaja putri tidak perlu bergelut dengan peralatan masak yang lengket. Namun tentunya Anda juga tahu tentang bahaya rice cooker anti lengket jika terkelupas dan itu merupakan kelebihan dan kekurangan memasak nasi dengan rice cooker.

Bahaya Lapisan Anti Lengket Pada Rice Cooker

Rice cooker merupakan salah satu alat eletronik yang penggunaannya bersifat rutin bahkan setiap hari digunakan untuk memasak nasi. Jadi penting untuk mencari tahu cara merawat rice cooker agar awet termasuk cara merawat panci rice cooker agar tidak terkelupas karena bahayanya adalah seperti di bawah ini:

  • Beberapa penelitian mengatakan bahwa zat PTFE yang terdapat pada lapisan anti lengket peralatan masak termasuk pada teflon rice cooker merupakan salah satu pemicu sel kanker dan tumor.
  • Zat PTFE juga dapat mempengaruhi kualitas sperma pada pria sehingga dapat menyebabkan kemandulan.
  • Sedangkan pada wanita, zat PTFE yang tak sengaja dikonsumsi dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil.

Jadi jangan pernah mengabaikan kondisi lapisan teflon yang mengelupas karena ternyata biaya yang Anda keluarkan nantinya tidak sepadan dengan biaya mengganti teflon yang terkelupas dengan yang baru.

Cara Mengatasi Teflon Yang Mengelupas

Walaupun demikian ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah teflon pada panci rice cooker terkelupas dan menghindarkan keluarga Anda dari ancaman bahaya lapisan anti lengket ini.

  1. Ada kalanya nasi menjadi kering di dalam rice cooker sehingga proses membersihkannya menjadi lebih sulit. Cara mengatasi magic com lengket dengan tepat adalah jangan digosok dengan spons kasar tapi sebaiknya direndam terlebih dahulu selama beberapa waktu agar nanti nasi akan terlepas dengan sendirinya dan panci cukup dicuci menggunakan spons lembut saja. Hal yang sama juga bisa dilakukan sebagai cara membersihkan kerak rice cooker diakibatkan nasi yang mongering.
  2. Selain memasak nasi, kegunaan rice cooker selain memasak nasi sebaiknya bersihkan rice cooker secara menyeluruh terutama bagian pancinya. Seperti pada cara membuat nasi kuning dengan rice cooker, bisa saja warna kuning dari kunyit menempel pada dinding-dinding rice cooker yang jika tidak dibersihkan secara sempurna dapat menjadi penyebab rice cooker rusak.
  3. Begitu juga ketika cara membuat nasi gurih dengan rice cooker yang menggunakan santan. Santan yang menempel di dinding rice cooker dapat mengeras jika tidak dibersihkan dengan baik yang nantinya justru dapat merusak lapisan anti lengket rice cooker.
  4. Walaupun beberapa jenis magic com bisa menyimpan sampai sekitar 48 jam tapi sebaiknya selalu ganti nasi setiap 24 jam sekali karena jika nasi terlalu lama dibiarkan di dalam rice cooker, selain dapat menimbulkan bau yang kurang sedap, juga dapat mengering dan menempel pada dinding panci rice cooker yang jika terlalu sering dilakukan dapat membuatnya cepat terkelupas dan cara membersihkan rice cooker juga menjadi lebih sulit.
  5. Penggunaan sabun cuci piring yang salah juga dapat merusak lapisan anti lengket pada panci rice cooker. Jadi sebaiknya pilihlah sabun cuci piring dengan formula khusus untuk mencuci piring demi menjaga keawetan peralatan memasak Anda.

Intinya jangan pernah ragu-ragu untuk mengganti panci rice cooker yang sudah terkelupas dengan panci yang baru jika Anda hanya ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga Anda. Sebenarnya ada beberapa produk panci rice cooker yang ditawarkan tanpa lapisan anti lengket namun tentunya proses membersihkannya akan menjadi jauh lebih sulit, tapi jika Anda mengganti nasi secara rutin bahkan sebelum mencapai waktu 24 jam maka tidak perlu khawatir nasi menjadi lengket dan kering.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 27th, November 2017 / 20:42 Oleh :
Kategori : Tips