Cara Menggoreng dengan Rice Cooker

ads

Hampir semua orang pasti menggoreng menggunakan wajan atau panci khusus untuk penggorengan. Tapi rice cooker bisa menjadi solusi bagi anak kos atau mereka yang tidak memiliki alat memasak yang lengkap. Ya, pada kenyataannya panci rice cooker bisa digunakan untuk menggoreng. Mulai dari menggoreng telur sampai membuat pisang goreng. Rice cooker atau magic com yang memiliki fungsi memasak nasi pasti juga bisa digunakan untuk menggoreng. Hebat bukan? Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara menggoreng menggunakan rice cooker? Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara menggoreng beberapa makanan dengan rice cooker, beserta kelebihan dan kekurangannya. Let’s check this out.

Cara Menggoreng Telur dengan Rice Cooker

Cara menggoreng dengan rice cooker yang bisa Anda coba untuk pertama kalinya adalah menggoreng telur. Anda bisa menggoreng telur sesuai selera, entah itu telur mata sapi (telur ceplok), telur dadar, atau bahkan orak- arik telur. Bahan yang perlu Anda siapkan tentu saja telur mentah, garam secukupnya dan juga minyak goreng. Berikut adalah langkah- langkah yang bisa anda ikuti untuk menggoreng telur menggunakan rice cooker.

  1. Langkah pertama, siapkan semua bahan dan juga rice cooker Anda.
  2. Langkah kedua, masukkan panci rice cooker yang bersih ke dalam body rice cooker. Setelah itu hubungkan steker rice cooker ke dalam sumber listrik.
  3. Langkah ketiga, tekan tuas yang biasa Anda gunakan untuk menanak nasi hingga lampu indikator cooking menyala. Jika rice cooker yang Anda gunakan adalah rice cooker digital seperti rice cooker Sanyo S35K atau rice cooker Panasonic digital, Anda bisa melihat petunjuk penggunaan rice cooker terlebih dahulu.
  4. Langkah keempat, tuangkan minyak goreng secukupnya ke dalam panci rice cooker. Anda bisa mengganti minyak goreng dengan margarin atau olive oil.
  5. Langkah berikutnya, tunggu minyak sampai panas lalu pecahkan telur dan masukkan ke dalam panci rice cooker. Tambahkan sedikit garam kemudian bolak-  balik telur agar tidak gosong. Jika Anda hendak membuat telur dadar, maka kocok terlebih dahulu telur dan garam pada sebuah wadah lalu masukkan ke dalam panci rice cooker yang telah berisi minyak goreng panas. Ketika membolak balik telur, gunakan saja alat penggoreng yang terbuat dari bahan plastik dan kayu. Jangan gunakan sendok atau alat penggorengan yang berbahan aluminium atau besi. Hal ini bertujuan agar tidak menggores lapisan anti lengket panci rice cooker.
  6. Setelah telur matang, kembalikan tuas ke atas hingga lampu indikator keep warm menyala. Jika rice cooker berubah ke mode keep warm secara otomatis, maka Anda tidak perlu mengembalikan tuas ke atas. Setelah itu segera cabut steker dari sumber listrik. Tujuannya adalah agar panci rice cooker tidak rusak karena terkena panas berlebih sementara di dalamnya kosong.

Cara Membuat Pisang Goreng dengan Rice Cooker

Jika Anda sudah bisa menggoreng telur dengan rice cooker, selanjutnya Anda bisa mencoba membuat pisang goreng dengan rice cooker. Caranya hampir sama seperti menggoreng menggunakan wajan teflon biasa. Bahan yang perlu Anda siapkan yakni pisang, tepung terigu, gula, garam dan minyak goreng. Ikuti langkah berikut untuk mulai menggoreng pisang dengan rice cooker.

  1. Pertama, siapkan semua bahan dan peralatan.
  2. Kedua, tuangkan tepung terigu, garam dan gula pada sebuah wadah. Setelah itu tambahkan air secukupnya sampai diperoleh kekentalan yang cukup. Anda juga bisa mengganti bahan- bahan tersebut dengan tepung pisang goreng instan yang banyak dijual di toko.
  3. Ketiga, tuangkan minyak goreng ke dalam panci rice cooker dengan ketinggian yang kira- kira bisa merendam pisang yang akan di goreng. Setelah itu nyalakan rice cooker seperti saat Anda hendak mamasak nasi.
  4. Keempat, samnbil menunggu minyak panas, Anda bisa mengupas pisang lalu potong sesuai selera. Masukkan pisang yang telah dipotong ke dalam adonan tepung.
  5. Setelah minyak panas, masukkan pisang yang akan di goreng ke dalam panci. Goreng pisang sampai sedikit kecoklatan. Jangan lupa untuk menggunakan alat penggoreng berbahan kayu atau plastik yang tidak menggores panci rice cooker.
  6. Tiriskan pisang yang sudah matang, lalu goreng sisanya sampai habis. Jika rice cooker berubah ke mode penghangat sebelum semua pisang tergoreng, Anda bisa menekan kembali tuas hingga lampu indikator cooking menyala. Jika sudah selesai menggoreng, jangan lupa untuk mencabut steker dari sumber listrik.
  7. Tuangkan sisa minyak goreng ke tempat lain, lalu bersihkan panci rice cooker setelah suhunya turun.

Kelebihan dan Kekurangan Menggoreng dengan Rice Cooker

Rice cooker atau penanak nasi sudah menjadi bagian hidup setiap orang di masa kini. Tidak hanya bagi orang Asia tetapi juga semua orang di dunia. Bahkan ada sebagian orang yang aktivitasnya terganggu jika rice cooker di rumah mendadak tidak bisa difungsikan. Rice cooker sudah menimbulkan ketergantungan karena kemudahan dan kepraktisannya. Jika zaman dahulu rice cooker hanya dimanfaatkan untuk memasak nasi (baca : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker), maka fungsi rice cooker sekarang sudah banyak berkembang. Salah satunya adalah untuk menggoreng.

Kelebihan menggoreng dengan rice cooker adalah tidak perlu mengeluarkan perlatan lain seperti wajan. Sangat praktis bagi mereka yang tidak punya wajan atau peralatan menggoreng. Kelebihan lainnya yakni panci rice cooker sudah terlapisi dengan teflon sehingga bahan makanan tidak akan menempel di dasar panci. Lapisan teflon juga dapat menghemat penggunaan minyak saat menggoreng telur. Selain itu, panci rice cooker yang cukup tinggi bisa menghindarkan Anda dari resiko terkena percikan minyak goreng panas.

Meski praktis dan mudah, menggoreng dengan rice cooker bukannya tidak memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan menggoreng dengan rice cooker.

  • Menggoreng dengan rice cooker akan sedikit kurang leluasa, terutama ketika membolak- balik makanan. Ini dikarenakan bentuk panci yang memanjang ke atas dan tidak terlalu lebar.
  • Jika rice cooker digunakan untuk menggoreng pisang atau makanan lain yang harus terendam minyak, maka akan menyebabkan pemborosan minyak goreng. Hal ini dikarenakan bentuk panci yang tidak cekung ke bawah seperti halnya wajan.
  • Menggoreng dengan rice cooker bisa menyebabkan boros listrik, karena rice cooker dalam keadaan cooking dalam waktu yang cukup lama. Apalagi jika bahan makanan yang akan digoreng berjumlah banyak. Waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng bisa lebih lama dari menanak nasi (silahkan baca : Cara Menanak Nasi).
  • Jika lapisan teflon di panci rice cooker terkelupas, maka bisa tercampur dengan minyak goreng. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh (baca: Merek Rice Cooker Terpopuler – Terbaik yang Aman untuk Kesehatan).
Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 14th, February 2017 / 16:23 Oleh :
Kategori : Tips