12 Cara Menggunakan Rice Cooker Gas

ads

Rice cooker. Mendengar kata tersebut memang terdiri dari struktur bahasa Inggris, namun apabila ditinjau dari masyarakat luas, kata tersebut sudah menjadi ‘serapan’ di kehidupan sehari-hari masyarakt Indonesia. Bahkan tidak hanya kaum di perkotaan saja yang menggunakan rice cooker. Di era modern ini, tekhnologinya pun sudah mulai beragam dan semakin memudahkan. Ada yang sudah memiliki penanda ketika sudah matang, ada yang juga dilengkapi wadah untuk memasak selain nasi. (Baca: Merk Rice Cooker Terpopuler Terbaik yang Aman Untuk Kesehatan)

Ada dua tipe rice cooker dilihat dari bahan bakarnya. Yang pertama adalah rice cooker listrik dan rice cooker dengan bahan bakar gas. Perbedaannya jelas, yang satu menggunakan listrik sebagai sumber dayanya, dan yang kedua menggunakan tenaga arus listrik langsung.  Lalu apakah kalian mengetahui bagaimana cara menggunakan rice cooker berbahan bakar gas? Berikut adalah beberapa tips atau cara menggunakan rice cooker gas.

Petunjuk Pemasangan

Sebelum jauh menggunakan rice cooker gas, berikut terlebih dahulu menjelaskan bagian-bagian dalam alat tersebut

Bagian pada Rice Cooker Gas

vvn

gambar 1 Bagian pada Kompor Gas

Perhatian pada Saat Pemasangan

Setelah kita mengetahui beberapa komponen pada gambar 1, maka perhatikan juga pada saat pemasangan, sebagai berikut:

  1. Selang gas regulator harus pas ukuran supaya proses aliran gas yang sempurna dan tidak bocor
  2. Tabung gas dan gas juga harus lolos SNI atau teruji dan hasil rekomendasi dari pemerintah berkode SNI 1452:2011,
  3. Diusahakan sirkulasi udara bagus pada saat pemasangan
  4. Barang-barang berbahan kayu, serat tumbuhan, serta kertas atau yang bisa tersulut api, dijauhkan dari pemasangan rice cooker gas.
  5. Gunakan regulator yang direkomendasikan pemerintah. Jika regulator tidak pas, hubungi yang berpihak atau yang sudah ahli
  6. Pada saat pemasangan, cek dahulu apakah tombol sudah dalam kondisi tidak ON

Perhatian pada saat pemasangan, biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan:

  1. Lepaskan panci, penutup, serta penutup alas
  2. Hidupkan tombol katup gas pada posisi ON seperti pada gambar 2.
  3. Tekan tombol ‘cook´ dengan memastikan tombol itu ditekan setengah kebawah.
  4. Tekan tombol sebelah kiri #1 START sampai berbunyi ‘kliks’, ini berarti nanti lampu indikator akan menyala. Ketika tombol merah tidak dihidupkan, maka indikator ‘warm’ juga tidak terlihat. Ulangi jikalau lampu indikator tidak menyala.
  5. Letakkan panci, penutup panci, serta penutup alas di tempat yang sesuai.
  6. Sebagai informasi. Ketika memicu pemicunya, pastikan jarak antara jendela casingnya rberada dia tas tombol START dan COOK. Ketika melepas pemicunya, pastikan memencet tombol berwarna merah keatas sampai berbunyi kliks . proses mematikan rice cooker sempurna yaitu sekitar 5 menit.

Petunjuk Kerja dan Perawatan Rice Cooker Gas

Berikut adalah mekanisme pemasangan dan perawatan pada rice cooker gas:

Petunjuk kerja

  1. Pastikan semua terpasang dengan benar dengan alas pembakar, penutup, casing luar, panci beras serta penutupnya berada pada posisi yang pas. Jika bagian-bagian tersebut tidak terpasang dengan benar, maka kinerja juga tidak maksimal, bahkan tidak bisa berjalan normal.
  2. Hidupkan pipa gas (gambar 2).
  3. Tekan tombol yang berada di sebelah kiri #1 tombol START ke bawah hingga berbunyi ‘kliks’ lalu lepaskan. Tombol indikator akan menyala. Pastikan pula tombollampu indikator WARM menyal. Jika tidak menyala, ulangi lagi sampai lampu tersebut menyala.
  4. Kemudian tekan tombol cook, untuk memasak. Kira-kira 22 menit untuk menanak nasi, dengan 10 menit terakhir mematangkan nasi, sehingga nasi benar-benar pulen dan terasa enak.
Sponsors Link

Pemasangan dan Proses Memasak

Langkah 1

Letakkan panci/ wajan beras  berisi air di tempat peletakan panci. Pastikan panci/ wajan beras tersebut berada pas dan tidak miring.

Langkah 2

snapshot_2016-11-19_15-34-39

                                     gambar 2

Seperti pada gambar diatas, Tutuplah dengan penutup yang sesuai dan hidupkan kompor rice cooker. Usahakan jangan pernah membuka penutup panci pada saat memasak. Ketika proses memasak nasi selesai, tombol cook akan naik dan kompor otomatis akan mati. Hangatkan dahulu nasi, jangan langsung dihidangkan.

Langkah 3

Lepaskan penyangga namun tetap pada tombol WARM menyala.

 Menyiapkan Beras yang Akan Dimasak

Dibawah ini adalah cara menyiapkan beras yang akan dimasak, sebagai berikut:

  1. Beras yang akan dimasak seharusnya diukur dengan gelas takaran. Bisa gelas atau kaleng bekas salah satu produk susu. Tentunya yang bersih. Minimal dengan adanya takaran tersebut, tidak membingungkan konsumen akan seberapa takaran beras yang akan dimasak.
  2. Beras yang baik, hasil tanaknya juga lebih baik. Ukurannya juga maksimal 10 gelas (tergantung besar panci juga), jangan lupa untuk membersihkan beras dengan air yang bersih kira-kira 4-5 cucian.
  3. Air yang akan dimasak dengan beras juga harus pas takaran. Kira-kira 2 cm dari permukaan beras atau cara lain dengan pas ukuran kira-kira ¾ jari kelingking kita. Jika air kebanyakan beras akan menjadi lembek, atau jika air kurang, maka nasi juga tidak tanak, bahkan gosong.
  4. Tutup panci dengan penutup yang sesuai, jangan sampai ada lubang besar menganga atau tidak pas memasangnya.
Sponsors Link

Tips Perawatan dan Pemeliharaan Rice Cooker Gas

Untuk perawatan, ada kiat-kiat agar rice cooker gas bisa bertahan lama dan maksimal, sebagai berikut:

  1. panci beras didesain khusus untuk rice cooker gas berukuran sedang, jangan digunakan untuk pembakaran yang bukan dari kompor rice cooker, hal ini untuk menghindari elemen yang rusak dan kinerja panci tidak maksimal.
  2. pastikan kebersihan pada sekitar indikator dengan cara mengelap menggunakan kain kering. jangan memencet tombol indikator pada saat membersihkan elektroda-akan terjadi konslet. jika lampu indikator tidak menyala, cek kebersihan, kekeringan dan benar-benar terhubung secara benar. jikalau masih tidak bisa, silakan hubungi ahli elektronik terdekat.
  3. hindari pemakaian kain basah dan sabun cuci pada bagian kelisrikan. hal ini akan menimbulkan percikan listrik dan konslet.
  4. pada saat pelepasan dan pembersihan bagian rice cooker, berhati-hatilah terhadap sensor indikator.
  5. Penggunaan panci berasCuci beras yang berada di panci beras dengan air yang mengalir. Keluarkan kotoran yang berada di panci, seperti sisa dan cairan beras lalu ganti dengan air yang lebih segar  dan nyalakn penyangga untuk memulai proses memasak.
  6. Mengecek sekitar komporKetika kompor hidup, pastikan juga mengecek apakah api yang keluar berwarna biru dan pastikan jangan sampai ada wana kuningnya atau apinya justru tidak merata. Pengguna bisa mengecek dengan melepas saringan yang berada di bawah pipa gas kompor.

Selanjutnya, jangan lupa untuk melepas kabel regulator yang terhubung ke rice cooker anda. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Kemudian bersihkan kotoran yang berada di sekitar rice cooker. Kerak-keraknya juga jangan sampai menempel lama. Selain itu bersihkan atau cuci kotoran yang ada di wajan atau penampung beras di rice cooker tersebut. Masak cepat, peralatan bersih serta makanan pun terjamin sehat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 16th, November 2016 / 17:13 Oleh :
Kategori : Tips