4 Cara Mengukus Kue dengan Rice Cooker Mudah dan Praktis

ads

Cara mengukus kue dengan rice cooker sangatlah mudah karena saat ini kebanyakan model rice cooker sudah dilengkapi dengan steamer rack atau rak kukusan yang memang didesain khusus untuk mengukus walaupun ada juga steamer rice cooker yang didesain khusus untuk mengukus. Bahkan semuanya sudah dijelaskan dapat petunjuk penggunaan rice cooker secara jelas, walaupun memang kadang kebanyakan orang tidak terlalu paham bagaimana cara memanfaatkan rice cooker mereka secara maksimal. Yang kebanyakan orang tahu hanya bagaimana cara memasak nasi dengan rice cooker namun kurang memahami bahwa fungsi rice cooker ternyata lebih dari sekedar alat untuk menanak nasi.

Aneka Makanan Yang Dapat Dibuat dengan Rice Cooker

Coba Anda membuat daftar aneka makanan atau kue yang dibuat dengan cara dikukus, seperti kue apam, roti kukus, bakpau kukus, putri ayu, lemper, brownies kukus, cake kukus dan masih banyak lagi. Semua jenis panganan itu dibuat dengan cara dikukus dan sama sekali tidak memerlukan oven. Secara tradisional, proses pengukusan menggunakan kompor akan menggunakan panci kukusan yang dibawahnya diberi air dan kemudian untuk mencega tetesan air tidak membasahi kue dan merusak tekstur dan bentuknya, tutup kukusan harus dilapisi oleh serbet. Namun sekarang, Anda bisa mengganti panci kukusan dengan rice cooker.

Artikel Terkait:

Cara Menggunakan Kukusan pada Rice Cooker

Jika Anda benar-benar penasaran dengan bagaimana cara memanfaatkan rice cooker Anda di rumah untuk mengukus, berikut adalah beberapa langkah mudahnya.

  • Yang pertama adalah siapkan panci rice cooker Anda. Pastikan panci dalam keadaan sempurna karena kalau panci rice cooker terkelupas hanya akan membahayakan kesehatan Anda dan keluarga Anda dan harus segera diganti dengan yang baru karena lapisan teflon tidak baik untuk kesehatan jika sampai tercampur dengan makanan dan masuk kedalam tubuh.
  • Kemudian, isi teflon rice cooker dengan air. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran rice cooker dan kira-kira seberapa lama kue yang akan dimasak. Sebagai contoh, kue dengan tekstur seperti apam dan bolu biasanya memerlukan waktu lebih singkat dibandingkan dengan cake atau lemper. Tapi untuk lebih amannya, selalu isi air pada batas maksimal tapi juga jangan sampai kelebihan karena ditakutkan air akan meluber keluar.
  • Setelah itu siapkan rak kukusan letakkan di bagian atas panci rice cooker. Jangan langsung memasukkan kue yang akan dikukus, sebaiknya posisikan pada kondisi ‘cook’ selama beberapa saat untuk memanaskan air pada rice cooker kemudian baru masukkan kue-kue yang akan dikukus dengan cara diletakkan di rak kukusan yang tersedia.
  • Tinggal tunggu kue kukusan matang ketika tombol kembali pada posisi ‘warm’. Biarkan sejenak baru kue kukusan bisa Anda sajikan untuk keluarga Anda.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Perlu dicatata, setiap jenis rice cooker berbeda, ada yang bisa menditeksi kukusan sudah masak ada juga yang baru berada posisi ‘warm’ ketika air di dalam panci sudah habis. Jadi pastikan Anda memahami jenis rice cooker yang Anda miliki. Yang menjadi masalah adalah ketika air pada panci rice cooker sudah habis tapi Anda tidak menyadarinya, kondisi ini bisa membuat panci rice cooker cepat rusak dan membuat lapisan teflon yang ada cepat mengelupas. Jika demikian maka sebaiknya Anda menentukan waktu misalnya beberapa menit sekali untuk membuka rice cooker sambil mengecek apakah kue sudah benar-benar matang dan air dalam panci rice cooker tidak habis. Tidak praktis memang tapi tetap jauh lebih praktis dan lebih hemat dari pada menggunakan panci kukusan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 05th, May 2017 / 03:25 Oleh :
Kategori : Tips