3 Penyebab Rice Cooker Konslet yang Sering Terjadi

ads

Tahukah anda apa yang menjadi penyebab rice cooker konslet? Ada berbagai macam faktor yang mengindikasikan mengapa rice cooker anda mengalami masalah tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa kebutuhan manusia akan rice cooker sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Bahkan hampir seluruh rumah di Indonesia sudah menggunakan rice cooker.

Bisa dikatakan bahwasanya rice cooker menjadi kebutuhan pokok dalam rumah tangga yang harus dipenuhi. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan rice cooker. Salah satunya adalah  nasi yang anda masak tersebut akan cepat matang dan tidak perlu menunggu terlalu lama.

Namun, penggunaan rice cooker juga harus diimbangi dengan perawatan dan penanganan yang baik pula. Apapun merk dan jenis rice cooker yang anda miliki, jika anda sembarangan ketika menggunakannya maka sudah tentu akan mengakibatkan rice cooker anda tersebut mengalami masalah. Salah satu masalah umum adalah konslet yang memang termasuk masalah yang cukup parah.

Apa saja penyebabnya? Berikut ini penjeleasan yang akan menjawab pertanyaan anda tersebut.

1. Stecker pada rice cooker tidak cocok dengan yang ada di stop kontak

Penyebab pertama mengapa rice cooker anda mengalami konsleting adalah karena stecker rice cooker anda ternyata tidak sesuai dengan yang ada pada stop kontak. Kondisi ini jika dibiarkan maka akan menimbulkan percikan api.

Alasan mengapa terjadi demikian karena media yang ada gunakan atau yang terpasang pada rice cooker tidak mampu menahan dan menampung seluruh tegangan listrik yang ia terima dari stop kontak. Jika dipaksakan, maka sudah tentu akan menimbulkan api dan malah dikhawatirkan bisa menjadi penyebab rice cooker meledak.

2. Kualitas kabel pada rice cooker dibawah SNI

Penyebab kedua yang mengindikasikan mengapa rice cooker anda mengalami konsleting adalah karena kualitas kabel rice cooker yang ternyata masih di bawah standar. Seperti yang kita tahu bahwa fungsi kabel adalah untuk mengalirkan listrik dari sumber menunju ke rice cooker anda.

Jika kabel rice cooker kualitasnya bagus, maka sudah tentu ia bisa menghantarkan listrik dengan bagus. Namun, jika ternyata kabel pada rice cooker memiliki kualitas yang tidak bagus, maka kemampuan menghantarkan listrik yang dimiliki kabel tersebut tidak akan sesuai. Jika dibiarkan, maka bisa menyebabkan terjadinya konsleting listrik.

Maka dari itu, sebelum anda mulai membeli rice cooker, maka anda harus memastikan bahwa anda membeli di tempat yang memang sudah terpercaya. Anda harus mengecek kualitas rice cooker yang anda beli tersebut, salah satunya adalah pada bagian kabelnya. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari hal-hal yang bisa membahayakan nyawa anda maupun keluarga.

3. Stop kontak memiliki banyak beban

Penyebab rice cooker konslet yang juga harus anda ketahui adalah ketika stop kontak terlalu mengalami banyak beban. Kami sarankan agar anda selalu menggunakan stop kontak yang ukurannya cukup panjang yakni maksimal 3 sampai dengan 5 stecker.

Sponsors Link

Anda disarankan untuk menghindari penggunaan ternimal listrik bersifat ganda atau yang lebih kita sebut dengan “T”. Hal ini dinilai karena terminal listrik tersebut masih terlalu kecil jika harus menahan listrik dan malah akan berpotensi bisa menyebabkan terjadinya konsleting.

Maka dari itu, kami menyarankan agar supaya beban atau colokan pada rice cooker tidak dijadikan satu dengan 3 alat elektronik lainnya seperti misalnya tv, kulkas, setrika, atau bahkan mesin cuci.

Sponsors Link
,
Post Date: Thursday 18th, April 2019 / 07:49 Oleh :
Kategori : Tips