Penyebab Rice Cooker Mati Total

ads

Rice cooker merupakan alat elektronik yang penting bagi kelangsungan hidup kita. Jadi, memahami petunjuk penggunaan rice cooker tentunya sangat penting agar rice cooker awet. Namun, ada saja masalah yang terjadi pada rice cooker, misalnya rice cooker mati total. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas lebih jauh penyebab rice cooker mati total. Dengan mengetahuinya, kamu dapat mencegah rice cooker berpulang. Check this out !

Penyebab rice cooker mati total

  1. Adanya masalah pada arus listrik yang mengalir ke rice cooker

Permasalahan yang timbul dari listrik dapat menyebabkan rice cooker mati total. Misalnya saja seperti yang terjadi pada warga Dusun Trans Ketapang Kecamatan Ketapang mengatakan bahwa perangkat elektronik yang dimilikinya seperti komputer, TV, pompa air, hingga rice cooker mengalami kerusakan akibat turunnya tegangan listrik di sana.

Jika tegangan listrik turun, maka dapat menyebabkan tidak stabilnya arus listrik. Kelabilan pada arus listrik sebenarnya turut memberikan sumbangsih pada penyebab rice cooker mati total. Kondisi tersebut pun telah lama terjadi di sana. Oleh karena itu, sebelum bergegas memperbaiki rice cooker yang mati total, sebaiknya coba periksa aliran listrik di rumah kamu. Siapa tahu saja masalahnya memang terletak di arus listriknya, bukan pada rice cooker kamu.

  1. Adanya masalah pada kabel penghubung rice cooker

Permasalahan pada kabel penghubung bisa terjadi karena faktor-faktor tertentu, misalnya putusnya kabel akibat gigitan tikus. Oleh karena itu, sangat penting untuk melihat dengan jeli apakah ada yang putus pada kabel yang menghubungkan rice cooker dengan listrik melalui stop kontak tersebut. Jika memang terbukti benar ada yang putus, maka langkah selanjutnya menggantinya dengan kabel yang baru. Selain itu, ada kemungkinan juga jika kerusakan berada pada stop kontaknya. Jadi, perhatikan lah setiap elemen kelistrikannya dengan baik, ya.

  1. Adanya kerusakan pada thermistor rice cooker

Thermistor merupakan singkatan dari therminal resistor. Alat ini berfungsi sebagai sensor suhu (sensor temperature) pada perangkat elektronik, seperti laptop, komputer, kulkas, hp, dan tentunya rice cooker. Tahukah kamu bahwa thermistor adalah alat yang mampu mengubah energi panas menjadi hambatan listrik? Sangat keren, bukan? Lantas, bagaimana jika terjadi kerusakan pada thermistor?  Rusaknya thermistor akan membuat panas dari heater menjadi berkurang. Lama kelamaan, hal ini pun memicu rice cooker mati total. Oh ya, dengan memperbaiki thermistor rice cooker, maka kamu mengaplikasikan cara membuat nasi tidak bau pada di rice cooker. Pasalnya, bau pada nasi berasal dari rice cooker yang panasnya labil.

  1. Adanya kerusakan pada power cord

Power cord merupakan bahasa keren dari kabel daya. Jika terjadi kerusakan pada power cord, maka secara otomatis menyebabkan rice cooker mati total. Oleh karena itu, sangat penting pula untuk memeriksa power cord. Kalau memang terjadi kerusakan, maka kamu dapat membeli yang baru toko alat listrik.

  1. Adanya masalah pada thermofuse

Ketika thermofuse (sekring) bermasalah, maka dapat menyebabkan rice cooker menjadi mati total. Thermofuse dikatakan rusak jika ia tidak melaksanakan tugasnya sebagai pemutus arus listrik saat panasnya berlebihan. Ya, dengan panas yang terus berlebihan tersebut akan membuat rice cooker tentunya lebih rusak. Hal ini dapat dilihat dari panas yang tetap on meskipun nasi di rice cooker telah matang. Oleh karena itu, kamu juga perlu mengetahui cara memperbaiki rice cooker yang terlalu panas akibat masalah pada thermofuse. Thermofuse ini terletak di bagian bawah rice cooker. Jadi, jika kamu ingin mengetahui kerusakannya, arahkan multitester kamu ke sana, ke bagian bawah rice cooker. Masalah pada thermofuse juga berpotensi menjadi penyebab rice cooker gosong.

Itulah tadi beberapa penyebab rice cooker mati total. Untuk memperluas wawasan kamu mengenai kematian total pada alat elektronik ini, berikut cara memperbaiki magic com miyako yang mati total yang dapat kamu telaah.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Sunday 04th, March 2018 / 10:25 Oleh :
Kategori : Tips