3 Penyebab Rice Cooker Rusak dan Ciri Cirinya

ads

Penyebab rice cooker rusak bisa disebabkan oleh banyak faktor. Rice cooker merupakan salah satu alat elektronik yang cukup penting dalam rumah tangga. Namun karena rice cooker bisa ditemukan di hampir setiap rumah di Indonesia, orang tak lagi menganggap rice cooker barang mewah melainkan hanya sebuah peralatan elektronik yang lumrah ditemukan. Hanya saja, tanpa orang sadari, fungsi rice cooker ternyata sangat penting, ketika rice cooker rusak barulah orang biasanya mulai panik dan menyadari bahwa fungsi rice cooker memang tak dapat tergantikan, terutama bagi mereka yang hanya tahu cara menanak nasi dengan rice cooker dan tidak tahu cara menanak nasi dengan kompor atau cara manual.

Artikel Terkait:

Faktor Utama Penyebab Rice Cooker Rusak

Terdapat beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan rice cooker rusak yang beberapa diantaranya tidak banyak disadari oleh si pengguna rice cooker.

  • Adanya masalah listrik sehingga terjadi arus pendek yang tentunya dapat membuat rice cooker konslet dan kemudian rusak karena beberapa komponen terbakar.
  • Faktor human error sangat sering menyebabkan rice cooker rusak, terutama bagi mereka yang tidak paham bagaimana petunjuk penggunaan rice cooker yang benar.
  • Faktor terakhir adalah faktor perawatan rice cooker. Kebanyakan orang hanya tahu menggunakan tapi tidak tahu bagaimana merawat rice cooker. Rice cooker yang tidak dirawat dengan baik tentunya akan cepat sekali rusak. (baca juga: Teflon Rice Cooker, Panci Rice Cooker)

Ciri-Ciri Ketika Rice Cooker Tidak Lagi Berfungsi Sempurna

Biasanya benda elektronik yang rusak artinya benda tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi, tapi beberapa jenis rice cooker masih bisa digunakan tapi tidak berfungsi secara maksimal maka rice cooker tersebut sudah masuk dalam kategori rusak. Adapaun beberapa ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Walaupun nasi bisa dimasak dengan sempurna tapi tidak bertahan lama. Rata-rata rice cooker bisa menjaga nasi tetap hangat dan tetap enak dimakan sampai 24 jam dan beberapa jenis rice cooker bahkan mampu sampai 48 jam walaupun tetap tidak disarankan. Jika nasi yang Anda masak cepat kering dan rasanya berubah bahkan belum mencapai 24 jam itu artinya rice cooker Anda sudah rusak. (baca juga: Cara Memasak Nasi di Magic Com Agar Tidak Cepat Basi)
  • Ketika dalam mode ‘warm’ nasi menjadi cepat basi. Walaupun cara Anda mencuci nasi juga mempengaruhi, jika beras tidak dicuci dengan bersih juga bisa menyebabkan nasi cepat basi walaupun berada di dalam rice cooker. Namun jika Anda yakin sudah mencuci beras sampai bersih tapi tetap saja sering basi berarti ada yang salah dengan rice cooker Anda.
    Sponsors Link

  • Anda memerlukan waktu yang relatif lebih lama dari biasanya untuk memasak nasi. Jika hal ini terjadi berarti memang rice cooker Anda sudah rusak, karena jika dibiarkan ada saatnya rice cooker Anda tak bisa lagi memasak nasi.

Artikel Terkait:

Rice cooker merupakan peralatan elektronik yang biasanya bekerja full-time. Hal ini juga bisa menjadi penyebab rice cooker cepat rusak. Ketika pagi memasak nasi untuk makan seluruh keluarga, setelah masak dan berubah ke mode ‘warm’ intinya rice cooker tetap harus dicolokkan ke listrik, sampai kemudian di sore hari digunakan lagi untuk memasak nasi untuk makan malam, dan ketika pada mode ‘warm’ rice cooker juga tetap dibiarkan menyala sampai akhirnya ketemu pagi lagi dan nasi disantap untuk sarapan pagi. Sebaiknya biasakan memasak nasi untuk makan malam dengan ukuran agar habis disantap pada makan malam saja, kemudian cabut rice cooker dan biarkan rice cooker beristirahat sejenak di malam hari dan kemudian digunakan lagi di pagi hari. Ini juga merupakan salah satu tips untuk merawat rice cooker agar awet dan tidak cepat rusak.

Sponsors Link
,
Post Date: Friday 21st, April 2017 / 02:17 Oleh :
Kategori : Tips