Penyebab Rice Cooker Tidak Panas yang Sering Terjadi

ads

Rice cooker merupakan suatu peralatan masak yang kehadirannya amat penting bagi mereka yang menggunakannya. Tidak hanya sebagai penanak nasi otomasi, fungsi rice cooker lebih dari itu yakni memasak makanan tertentu menjadi lebih mudah dan praktis. Bagi anak kos, rice cooker begitu membantu mereka dalam menghemat uang jajan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami setiap bagian rice cooker dan fungsinya dengan baik.

Namun, seperti alat elektronik pada umumnya, rice cooker juga memiliki kemungkinan mengalami kerusakan baik ringan, sedang maupun berat. Bagi ibu rumah tangga ataupun anak kos, masalah yang menimpa pada rice cooker mereka jelas meresahkan. Salah satu masalahnya yaitu rice cooker yang tidak mampu mengeluarkan panas. Hal ini dapat menyebabkan nasi menjadi tidak matang, cepat basi dan berbau, serta tidak bisa digunakan untuk memasak jenis makanan lainnya.

Apabila hal tersebut menimpa Anda, maka solusi yang tepat ialah segera memperbaikinya. Jika ingin menuai hasil perbaikan yang optimal, maka ketahui terlebih dahulu penyebab atau akar masalahnya. Jadi, apakah penyebab rice cooker tidak panas? Yuk, simak ulasan menarik berikut ini.

  • Daya Listrik Tidak Memadai

Sebelum menyalakan rice cooker untuk memasak, cobalah memeriksa daya listrik yang tersambung dengannya. Pada umumnya rice cooker memerlukan daya listrik yang cukup tinggi yakni sekitar 900 watt. Jika di bawah itu, kemungkinan daya listrik tidak akan mampu menahan beban rice cooker dan akibatnya listrik “anjlog” atau mati, sehingga rice cooker tidak panas.

Kemungkinan lainnya ialah adanya korsleting listrik yang mungkin tidak Anda ketahui letaknya. Hal ini bisa terjadi bila sebelumnya rice cooker dalam keadaan normal. Ingatlah, jangan sembarangan memeriksa kerusakan pada sambungan atau kabel listrik karena itu berbahaya bagi keselamatan diri Anda! Jika Anda tidak yakin bisa memperbaiki masalah kelistrikan, sebaiknya serahkan pada ahlinya.

  • Rusaknya Elemen Pemanas

Panas yang dihasilkan oleh rice cooker karena adanya elemen pemanas atau thermostat. Elemen ini terletak di bawah lempengangan dalam rice cooker. Jika elemen ini rusak, maka panas yang dihasilkan tidak akan optimal atau tidak sama sekali. Kerusakan elemen pemanas ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  1. kelalaian pabrik
  2. usia pemakaian
  3. kesalahan penggunaan
  4. dan lain-lain

Jika masih dalam masa garansi, sebaiknya bawalah rice cooker Anda yang mengalami kerusakan pada elemen pemanasnya kepada service center-nya yang terdekat. Namun, tak ada salahnya jika Anda juga mengambil solusi serupa bila masa garansinya telah habis. Hal ini karena di service center biasanya menyediakan tenaga ahli profesional dan spare part orisinal yang terjamin kualitasnya. Jadi, lebih aman dan tepercaya.

Anda bisa saja memperbaiki rice cooker tersebut dengan catatan Anda telah memahami cara memperbaiki rice cooker tidak mau panas yang tepat.

  • Kerusakan Pada Switch Rice Cooker

Switch merupakan tombol khusus atau saklar otomatis untuk menyalakan fungsi cook atau warm pada rice cooker. Dalam arti lain, switch berfungsi memberikan kode kepada elemen pemanas untuk meningkatkan atau menurunkan derajat panasnya. Apabila bagian switch ini mengalami kerusakan, tentu rice cooker tidak bisa difungsikan baik untuk memasak nasi atau menghangatkan makanan.

Penyebab kerusakannya beraneka ragam, diantaranya terputusnya elemen di dalamnya, usia pemakaian dan lain-lain. Solusi untuk memperbaikinya ialah dengan membongkarnya. Namun, sekali lagi utamakan untuk klaim garansi sebelum mencoba memperbaikinya sendiri.

Itulah beberapa penyebab rice cooker yang tidak panas. Gunakan dan rawat selalu rice cooker Anda dengan cara yang tepat agar awet untuk pemakaian jangka panjang. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 13th, October 2018 / 03:27 Oleh :
Kategori : Tips