Inilah 4 Perbedaan Rice Cooker dan Slow Cooker

ads

Mungkin banyak dari anda yang masih belum familiar tentang istilah slow cooker. Namun untuk istilah rice cooker tentu kami yakin semua sudah mengetahuinya.

Baik rice cooker maupun juga slow cooker, mereka sama-sama digunakan sebagai salah satu peralatan masak yang bahkan wajib dan harus ada di dapur. Hal ini karena banyak manfaat yang bisa kita diambil dari kedua barang elektronik ini.

Ada banyak jenis rice cooker maupun juga slow cooker yang bisa kita gunakan. Selain itu, harganya pun juga bervariasi. Ada yang dijual dengan harga relatif murah sampai dengan ada yang dijual dengan harga mahal. Namun memang sesuai dengan kualitas yang dimilikinya.

Meskipun pada dasarnya kedua benda ini memiliki cara kerja yang sama. Akan tetapi, ada beberapa hal yang membedakannya. Bagi anda yang ingin tahu apa saja perbedaannya tersebut, silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

1. Perbedaan dari segi suhu

Perlu anda tahu bahwa meskipun keduanya bisa digunakan untuk memasak, namun slow cookerlah yang memiliki keunggulan dalam hal ini. Mengapa? Karena suhu yang dimiliki oleh slow cooker relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan rice cooker.

Hal ini yang membuat slow cooker lebih direkomendasikan ketika digunakan untuk memasak gulai, rendang, maupun untuk mengungkep ayam, dan lain sebagainya. Slow cooker memang lebih efektif di dalam memasak makanan tersebut maupun juga hanya digunakan untuk memanaskan atau menghangatkan makanan.

2. Slow cooker lebih hemat listrik

Perbedaan yang kedua adalah dari segi tagihan listrik yang akan anda keluarkan. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa suhu yang dimiliki oleh slow cooker relatif lebih rendah. Hal ini sudah tentu akan berpengaruh terhadap listrik yang ia keluarkan.

Jadi, slow cooker akan lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan rice cooker. Bagi anda yang lebih hemat pengeluaran listrik, maka anda bisa menggunakan slow cooker. Jangan khawatir, kualitas makanan yang anda hangatkan tetap sama dan bahkan lebih nyaman dan enak ketika menggunakan slow cooker.

3. Slow cooker membuat masakan lebih enak

Baik rice cooker maupun juga slow cooker, keduanya sama-sama bisa digunakan untuk memasak bubur kacang hijau. Namun, anda akan mendapatkan sensasi dan rasa yang berbeda ketika memasak bubur kacang hijau dengan menggunakan slow cooker. Masakan bubur anda akan lebih matang secara merata.

Selain itu tekstur bubur anda akan lebih lembut, lebih pulen, dan lebih nikmat ketika sudah disajikan. Maka dari itu, jika ingin memasak bubur kacang hijau atau sejenisnya, maka lebih disarankan untuk menggunakan slow cooker.

Sponsors Link

4. Harga yang relatif lebih murah

Perbedaan rice cooker dan slow cooker yang terakhir adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan rice cooker. Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh slow cooker, siapa yang mengira jika harganya malah tetap terjangkau.

Jika anda bandingkan dengan merk rice cooker yang terkenal kualitasnya seperti Yong Ma atau Miyako, maka anda akan menemukan harga dari slow cooker yang lebih murah. Anda bisa mendapatkannya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 150.000.

Sponsors Link
Post Date: Tuesday 18th, June 2019 / 08:57 Oleh :
Kategori : Tips