4 Petunjuk Penggunaan Rice Cooker dengan Benar

ads

Ketika membeli barang baru maka akan selalu disertai dengan manual book yang berisi petunjuk penggunaan barang tersebut. Begitu pula jika membeli sebuah rice cooker baru, petunjuk  penggunaan rice cooker harus dipahami agar rice cooker dapat berfungsi dengan baik saat digunakan untuk menanak nasi. Setidaknya ada dua jenis rice cooker yakni rice cooker gas dan rice cooker listrik. Petunjuk penggunaan masing- masing jenis rice cooker juga berbeda. Petunjuk penggunaan rice cooker listrik tentu saja lebih praktis dari pada cara menggunakan rice cooker gas. Pada artikel kali ini hanya akan membahas petunjuk penggunaan rice cooker listrik yang benar. Berikut ini adalah beberapa cara atau petunjuk penggunaan rice cooker yang dapat dipraktikkan di rumah.

Petunjuk untuk Menanak Nasi

Sebelum menanak nasi, terlebih dahulu harus diketahui berapa takaran beras dan air yang tepat. Berikut adalah beberapa contoh takaran yang dapat digunakan :

  • Untuk 1 cup beras diperlukan 2 – 2.5 cup air
  • Untuk 2 cup beras diperlukan 3 – 3.5 cup air
  • Untuk 3 cup beras diperlukan 4 – 4.5 cup air
  • Untuk 4 cup beras diperlukan 5 – 5.5 cup air

Setelah mengetahui seberapa banyak air yang diperlukan untuk menanak nasi, selanjutnya adalah bagaimana cara menanank nasi. Di bawah ini adalah langkah- langkah yang dapat dilakukan untuk menanak nasi menggunakan rice cooker.

  1. Pertama, takar beras menggunakan gelas ukur. Dalam melakukan penakaran sebaiknya sesuai dengan batas gelas ukur, tidak kurang dan tidak kelebihan.
  2. Kedua, cuci beras menggunakan air. Untuk mencuci beras sebaiknya menggunakan wadah lain, bukan menggunakan panci rice cooker karena beras dapat merusak lapisan anti lengket pada aluminium pan atau panci rice cooker. Akan tetapi kualitas lapisan anti lengket tersebut tergantung pada masing- masing merek rice cooker (baca juga : Merek Rice Cooker Terpopuler – Terbaik yang Aman untuk Kesehatan).
  3. Ketiga, cuci panci rice cooker hingga bersih lalu masukkan air sesuai takaran yang telah dicontohkan sebelumnya. Misalnya, masukkan 2 – 2.5 cup air untuk memasak 1 cup beras. Aturan ukuran tersebut tidaklah baku. Sebagian besar ibu rumah tangga memasukkan air untuk memasak nasi sesuai dengan pengalaman mereka di dapur. Ada pula ibu rumah tangga yang menggunakan ruas jari sebagai ukuran volume air. Bagi yang menyukai nasi dengan tekstur lunak atau agak lembek, mereka biasanya menambahkan lebih banyak air untuk memasak. Sedangkan mereka yang menyukai nasi bertekstur tidak terlalu lunak, tidak menambahkan terlalu banyak air untuk memasak.
  4. Setelah itu, masukkan panci ke dalam body rice cooker lalu tutup rice cooker dengan top cover sampai clamb knob berbunyi klik.
  5. Kemudian sambungkan tusuk kontak ke sumber listrik, lalu tekan tombol atau lever knob ke arah bawah sampai lampu penanda cook mode
  6. Tunggu hingga lever knob kembali ke posisi atas dan lampu berganti ke warm mode . Saat itu nasi sudah matang, tetapi biarkan dahulu selama lima belas menit agar nasi matang dengan sempurna.

Petunjuk untuk Mengukus Makanan

Rice cooker tidak hanya dapat memasak nasi tetapi bisa juga digunakan untuk mengukus. Cara mengukus menggunakan rice cooker meliputi :

  1. Tuangkan air ke dalam aluminium pan. Yang perlu diperhatikan dalam menuangkan air ini adalah jangan sampai air melebihi alas wadah untuk mengukus.
  2. Letakkan wadah pengukus menggantung di bagian atas alumnium pan, lalu susun makanan ke dalam wadah pengkus.
  3. Tutup body rice cooker dengan top cover sampai clamb knob berbunyi klik.
  4. Sambungkan tusuk kontak atau power cord ke sumber listrik, lalu tekan tombol atau lever knob ke arah bawah sampai lampu penanda cook mode
  5. Tunggu hingga lampu berganti ke warm mode dan makanan siap untuk dihidangkan.
Sponsors Link

Petunjuk untuk Menghangatkan Makanan

Untuk menghangatkan makanan, yang perlu dilakukan hanyalah menyambungkan tusuk kontak atau steker ke sumber listrik setelah meletakkan makanan ke dalam aluminium pan. Tidak perlu menekan tombol atau lever knob ke arah bawah karena yang dibutuhkan untuk menghangatkan makanan adalah warm mode , bukan cook mode. Jangan lupa menutup body rice cooker dengan top cover sampai clamb knob berbunyi klik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tidak meninggalkan benda apa pun termasuk juga sendok pengaduk nasi (spoon) di dalam panci selama proses menghangatkan makanan. Benda berbahan plastik yang mudah meleleh dan tertinggal di dalam panci bisa saja mengontaminasi makanan selama proses menghangatkan. Sebaiknya tidak terlalu lama menghangatkan makanan di dalam rice cooker, terlebih jika yang dihangatkan adalah nasi. Nasi tidak boleh dihangatkan lebih dari 12 jam karena nasi bisa mengering dan kelezatan nasi menjadi berkurang.

Sponsors Link

Petunjuk untuk Membersihkan Rice Cooker

Setelah digunakan, rice cooker harus tetap dalam keadaan bersih. Untuk itu rice cooker harus selalu dibersihkan, terutama pada bagian aluminium pan atau panci rice cooker. Petunjuk membersihkan rice cooker adalah sebagai berikut :

  • Cabut steker atau tusuk kontak dari sumber listrik, lalu diamkan beberapa menit hingga panasnya menghilang.
  • Setelah panas menghilang, basuh aluminium pan dengan air. Kita juga dapat merendamnya terlebih dahulu jika masih ada beberapa sisa nasi yang melekat di lapisan anti lengket. Karena memaksa menggosok aluminium pan dapat menggores permukaannya.
  • Gunakan spons untuk mencuci panci rice cooker atau aluminium pan. Sebaiknya hindari penggunaan alat pembersih yang bertekstur kasar karena dapat menyebabkan goresan pada panci rice cooker.
  • Inner pot cover atau lempengan yang menempel pada permukaan dalam top cover dapat dicuci dengan cara melepasnya terlebih dahulu.
  • Rendam inner pot cover tersebut ke dalam air lalu cuci dengan bersih sampai sisa uap yang mengering hilang.
  • Pasang kembali inner pot cover pada top cover dengan cara menekan silicon atau karet kecil menghadap ke luar.
  • Lepaskan juga tempat penampung air atau water collector lalu buang air yang berada di dalamnya. Hal tersebut dapat dilakukan setiap hari agar wadah tersebut tidak penuh dengan hasil pengembunan uap air.
  • Bersihkan body rice cooker dengan kain bersih setiap kali selesai digunakan. Dengan melakukan perawatan tersebut, maka rice cooker akan lebih awet dan dapat berfungsi dengan baik.
Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 29th, November 2016 / 15:36 Oleh :
Kategori : Tips