Rice Cooker Panasonic Terbaru

ads

Panasonic Corporation merupakan produsen perlatan eletronik yang berpusat di Prefektur Osaka, Jepang. Di Indonesia sendiri, anak perusahaan Panasonic Corporation  adalah PT Panasonic Gobel. Berbagai produk elektronik untuk keperluan rumah tangga yang telah diproduksi perusahaan ini diantaranya adalah televisi, AC, kulkas, mesin cuci dan rice cooker.

Panasonic mengeluarkan produk rice cooker terbaru dengan model SR-DF181 (baca juga : Merek Rice Cooker Terpopuler – Terbaik yang Aman untuk Kesehatan).  Rice cooker ini merupakan rice cooker digital yang dilengkapi panel kontrol. Harga rice cooker digital ini sekitar 800.000 sampai satu juta rupiah. Kita dapat dengan mudah membeli rice cooker panasonic terbaru ini di situs belanja online yang juga menawarkan sistem kredit atau cicilan.

Rice cooker panasonic menawarkan 4 fungsi sekaligus (4 in 1). Keempat fungsi itu meliputi menanak nasi, mengukus, menghangatkan nasi dan membuat bubur. Rice cooker digital panasonic dapat menampung 1,8 liter atau 10 cup beras yang cukup untuk sebuah keluarga. Daya yang dibutuhkan untuk memasak dengan rice cooker digital ini cukup besar yakni 760 watt.

Nama- Nama Komponen Rice Cooker Digital Panasonic

Gambar di samping adalah beberapa komponen rice cooker digital panasonic beserta dengan keterangan namanya. Bagian atas terdiri dari penutup luar, cincin perapat panci, tutup pelembab, dan pelat pemanas. Pada bagian body rice cooker terdiri atas panci rice cooker, tombol kait, pegangan dua sisi, kabel daya dan panel kontrol. Pada komponen panel kontrol terbagi lagi menjadi 6 tombol yang disertai dengan lampu indikator yaitu :

  1. Quick cook/ steem buttonTombol ini ditekan ketika akan memasak dengan waktu cepat atau hendak mengukus makanan.
  2. White rice buttonTombol white rice ditekan ketika akan memasak beras putih.
  3. Brown rice buttonTombol brown rice ditekan ketika akan memasak beras merah.
  4. Porridge rice buttonTombol tersebut ditekan ketika akan memasak bubur atau sup.
  5. Keep warm buttonTombol itu ditekan ketika akan menghangatkan makanan.
  6. Off buttonTombol Off ditekan ketika akan membatalkan perintah sebelumnya atau menghentikan fungsi keep warm button.

Petunjuk Penggunaan Rice Cooker Panasonic

Agar dapat memasak nasi menggunakan rice cooker canggih ini, penting untuk mengetahui petunjuk penggunaan rice cooker yang baik dan benar. Lansung saja kita simak petunjuk penggunaan rice cooker digital panasonic yang terbaru. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan rice cooker adalah :

  • Tidak menggunakan rice cooker dalam keadaan kabel daya atau tusuk kontak rusak.
  • Tidak memercikan atau merendam body rice cooker digital ke dalam air.
  • Hanya menggunakan rice cooker digital dengan stop kontak berarus sepuluh ampere dan voltase sebesar 220 volt.
  • Tidak menyambungkan rice cooker digital ke dalam sumber listrik dalam keadaan tangan basah.
  • Tidak mendekatkan wajah pada lubang uap dan tidak pula memegangnya dengan tangan saat rice cooker sedang berfungsi.
  • Tidak meletakkan rice cooker digital di tempat yang permukaannya tidak rata dan tidak tahan panas. Serta tidak meletakkan rice cooker terlalu dekat dengan dinding.
  • Tidak membersihkan panci rice cooker dalam keadaan masih panas.
  • Tidak membuka penutup ketika sedang proses memasak nasi.
  • Tidak menggunakan rice cooker digital di bawah sinar matahari langsung agar warna pada body rice cooker tidak pudar.
  • Tidak mengambil nasi dengan sendok atau alat yang terbuat dari logam.
  • Segera lepas sambungan listrik jika air meluber lubang uap.
Sponsors Link

Selain itu petunjuk penggunaan yang dijabarkan di atas, penting juga untuk mengetahui oetunjuk perawatan dan cara membersihkan rice cooker. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan adalah membongkar tutup pelembab. Tutup pelembab itu harus selalu dibersihkan setelah selesai digunakan. Cara mengeringkan setelah mencuci tutp pelembab adalah dengan diangin- anginkan. Tidak boleh mengeringkan tutup pelembab dengan menggunakan mesin pengering karena dapat menyebabkan kerusakan. Bersihkan pula sensor suhu dan plat pemanas dari benda- benda asing menggunakan kain kering.

Untuk membersihkan centong nasi, gelas ukur dan keranjang pengukus dapat menggunakan air dan sabun pencuci piring. Sedangkan untuk membersihkan panci dapat menggunakan spons yang lembut serta air bersih. Jika ada sisa nasi yang sulit dibersihkan, maka dapat digunakan air hangat. Setelah dibersihkan, panci diseka dengan kain sampai kering.

Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker Digital Panasonic

Cara memasak nasi menggunakan rice cooker digital panasonic benar- benar berbeda dengan cara menanak nasi seperti biasa. Takaran atau ukuran air yang digunakan untuk memasak juga berbeda. Untuk memasak beras campuran menggunakan rice cooker ini, takaran yang digunakan yaitu :

  • 1,5 cup air untuk 1 cup beras.
  • 2,75 cup air untuk 2 cup beras.
  • 4 cup air untuk 3 cup beras.
  • 5 cup air untuk 4 cup beras.
  • 6,25 cup air untuk 5 cup beras.
Sponsors Link

Takaran tersebut tentu saja tidak harus diikuti. Kita boleh menambahkan atau mengurangi takaran. Hal yang paling penting adalah volume air tidak boleh melebihi volume maksimal yang tertera pada panci rice cooker. Selanjutnya, cara memasak nasi dengan rice cooker digital panasonic adalah sebagai berikut :

  1. Cuci beras dalam sebuah wadah. Hindari mencuci beras langsung pada panci rice cooker karena dapat merusak lapisan anti lengketnya.
  2. Setelah mencuci beras sampai benar- benar bersih, tuangkan beras ke dalam panci rice cooker dan tambahkan air sesuai dengan takaran.
  3. Kemudian letakkan panci rice cooker ke dalam body rice cooker, lalu putar panci sesuai dengan arah panah sebanyak dua sampai tiga kali,
  4. Selanjutnya pastikan tutup bagian dalam terpasang dengan baik. Setelah itu tutup body rice cooker sampai terdengar bunyi klik.
  5. Masukkan tusuk kontak pada stop kontak dan tekan tombol white rice untuk mulai memasak nasi putih.
  6. Tunggu sampai nasi benar- benar matang. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak nasi berbeda- beda, tergantung pada suhu ruangan, temperatur air yang digunakan untuk memasak, banyaknya beras dan air, serta kualitas beras. Waktu yang digunakan untuk memasak nasi putih rata- rata adalah 38 menit.
  7. Setelah proses memasak selesai, lampu indikator pada tombol keep warm akan menyala tanpa disertai bunyi apa pun. Aduk nasi yang baru saja matang dengan centong atau sendok pengaduk agar nasi tidak padat dan tidak lengket pada panci.
Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 07th, December 2016 / 14:07 Oleh :
Kategori : Review Produk