Rice Cooker Philips HD 3128

ads

hd3128_34-ims-id_idPhilips merupakan suatu perusahaan yang berpusat di Belanda. Melalui inovasi dan teknologinya, perusahaan ini memproduksi berbagai barang kebutuhan rumah tangga yang salah satunya adalah rice cooker. Rice cooker philips sudah diproduksi dalam berbagai model dan warna. Rice cooker yang akan dibahas kali ini adalah rice cooker Philips HD 3128 yang banyak diburu oleh ibu rumah tangga karena kualitasnya. (baca juga : Rice Cooker Toshiba)

Rice cooker Philips HD 3128 yang ada di Indonesia merupakan buatan Cina. Harga yang ditawarkan di Indonesia yakni sekitar 500.000 rupiah. Produk ini juga bergaransi 2 tahun di semua negara yang memasarkan produk philips. Spesifikasi lengkap philips HD 3128 yaitu :

  • Kapasitas – Philips HD 3128 dapat menampung 2 liter beras dengan total 6 liter air.
  • MaterialInner pot Philips HD 3128 menggunakan bahan ProCeramic yang tahan lama. Sedangkan body rice cooker terbuat dari baja yang anti karat.
  • Desain – Rice cooker ini dibuat dengan desain mewah dengan body berwarna emas dan button berwarna perak. Sementara outer lid berwarna hitam.
  • Dimensi – Produk ini dibuat dengan ukuran 388 x 285 x 242 milimeter dan berat 3,8 kilogram.
  • Daya listrik – Konsumsi daya listrik ketika memasak nasi sebesar 400 watt dengan voltase 220 volt.

Kelebihan Philips HD 3128

Rice cooker Philips HD 3128 mempunyai berbagai kelebihan. Kelebihan- kelebihan tersebut sangat menguntungkan bagi konsumen yang menggunakan rice cooker mewah ini. Beberapa kelebihan Philips HD 3128 adalah :

  1. Panci rice cooker 5 lapisan

Panci Philips HD 3128 diproduksi dengan 5 lapisan sekaligus. Masing- masing lapisan mempunyai fungsi yang berbeda- beda, memiliki keunggulan masing- masing dan bekerja saling melengkapi satu dengan yang lain. Kelima lapisan panci rice cooker Philips HD 3128 meliputi :

  • Lapisan pertama adalah lapisan anti lengket yang terbuat dari bahan withford yang tidak sulit dibersihkan.
  • Lapisan kedua yakni lapisan yang berwarna hitam. Panas yang dihasilkan oleh heating system tertahan oleh lapisan ini sehingga menjaga nasi tetap hangat.
  • Lapisan ketiga yaitu resin protektif yang melindungi lapisan di bawahnya sehingga panci menjadi lebih kokoh dan tahan lama.
  • Lapisan keempat yakni campuran logam yang sangat tebal. Lapisan ini membuat setiap butir nasi matang secara sempurna dan menyebarkan panas lebih merata.
  • Lapisan kelima yakni lapisan ProCeramic yang mempunyai kekerasan 3 kali lipat dari pada pelapis panci pada umumnya.
  1. Heating system 3D

Sistem pemanasan Philips HD 3128 dibuat 3 dimensi dan diklaim lebih cerdas dari rice cooker lain karena dapat menyebarkan panas ke segala arah. Dampaknya tentu saja nasi yang dihasilkan menjadi lebih nikmat.

  1. Automatic warm mode

Philips HD 3128 dapat menghangatkan nasi secara otomatis setelah nasi matang. Warm mode pada rice cooker ini dapat bertahan hingga 48 jam tanpa membuat nasi mengering dan keras.

  1. Kapasitas besar

Jika rice cooker biasa  hanya berkapasitas maksimal 1,8 liter, maka rice cooker Philips bisa menampung lebih dari itu. Kapasitas maksimal rice cooker ini adalah 2 liter beras dan 6 liter air. Dengan kapasitas tersebut kita dapat memasak nasi untuk 14 orang sekaligus.

  1. Pegangan anti panas

Seorang ibu rumah tangga biasanya akan kesulitan jika mengeluarkan panci rice cooker dari dalam body rice cooker, terlebih jika panci masih dalam keadaan panas. Hal itu tidak akan dialami lagi jika menggunakan rice cooker Philips HD 3128, karena telah dilengkapi dengan pegangan panci yang anti panas. Suhu di dalam panci akan tetap panas, tetapi pegangan panci tidak akan terasa panas sama sekali.

Sponsors Link

Nama- Nama Bagian Rice Cooker Philips

2Gambar di samping adalah beberapa bagian philips HD 3128 yang biasanya tertera dalam kertas petunjuk penggunaan rice cooker. Nama- nama dari setiap bagian penting untuk diketahui agar kita tidak dapat mempraktikan cara memasak nasi dengan rice cooker secara baik (baca juga : Cara Menanak Nasi ). Keterangan nama dari setiap nomor pada gambar di samping yaitu :

  1. Sealing ring atau gelang penyegel ini berfungsi untuk menahan inner lid agar tetap menempel pada lid.
  2. Detachable inner lid yakni tutup bagian dalam yang dapat di lepas dan dipasang kembali.
  3. Water level indications atau indikator ukuran air.
  4. Inner pot atau panci rice cooker.
  5. Cook button yaitu tombol yang ditekan ketika akan memasak.
  6. Keep warm button yakni tombol yang ditekan ketika akan menghangatkan nasi atau makanan lain.
  7. Power cord atau kabel listrik.
  8. Main body atau badan utaman rice cooker.
  9. Heating element atau elemen pemanas.
  10. Lid atau penutup.
  11. Lid release button yakni tombol yang berfungsi untuk membuka penutup rice cooker.
  12. Detachable steam vent cap yakni penutup lubang uap panas yang dapat dilepas dan dipasang kembali.
Sponsors Link

Perawatan Rice Cooker Philips

Perawatan rice cooker ini cukup mudah. Kita hanya perlu membersihkan bagian luar dan bagian dalam rice cooker setiap kali selesai digunakan. Bagian dalam yang perlu dibersihkan yaitu ekemen pemanas dan bagian penutup, cara membersihkannya adalah dengan menyeka menggunakan kain yang sudah diberi air lalu diperas. Pastikan tidak ada sisa mekanan yang tertinggal pada elemen pemanas karena akan menyebabkan terhalangnya panci dengan elemen pemanas.

Bagian luar yang perlu dibersihkan yaitu bagian body rice cooker. Kita dapat membersihkan dengan menyeka menggunakan lap kain. Kita juga dapat menambahkan bahan pembersih seperti sabun. Ketika membersihkan cook dan keep warm button sebaiknya menggunakan lap kering agar tidak terjadi kerusakan atau konsleting.

Aksesoris lain seperti scoop, keranjang kukus, steam vent cap dan inner lid dapat dibersihkan dengan air dan sabun pencuci piring. Sementara untuk membersihkan panci rice cooker, kita dapat merendamnya terlebih dahulu di dalam air panas. Setelah beberapa saat, kita dapat membersihkannya menggunakan spons dan sabun pencuci piring. Beberapa hal yang juga perlu diperhatikan dalam perawatan rice cooker philips yaitu :

  • Tidak menggunakan aksesoris dari merek rice cooker lain yang tidak direkomendasikan Philips.
  • Tidak meletakkan rice cooker di atas kompor atau di dekat benda yang bersuhu sangat tinggi, serta tidak meletakkan di bawah sinar matahari langsung.
  • tidak meletakkan rice cooker pada permukaan yang miring atau tidak stabil.
  • Masukkan panci ke dalam badan utama rice cooker sebelum menghubungkan rice cooker ke sumber listrik.
  • Tidak meletakkan panci rice cooker di atas api kompor secara langsung.
Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 05th, December 2016 / 06:45 Oleh :
Kategori : Review Produk