Rice Cooker Tatung TAC-11KN

ads

Rice cooker tatung adalah salah satu merek rice cooker buatan Taiwan yang sudah terbukti kehandalannya. Rice cooker tatung diproduksi dalam berbagai macam kapasitas. Ada yang berkapasitas 3 cup, 10 cup, ada pula yang memiliki kapasitas 11 cup beras. Salah satu model rice cooker tatung dengan kapasitas 11 cup beras adalah Tatung TAC-11KN. Kapasitasnya yang besar memungkinkan memasak nasi untuk keluarga besar yang beranggotakan 6 sampai 8 orang.

Rice cooker Tatung TAC-11KN memberikan pengalaman memasak yang berbeda dengan rice cooker lain yang beredar di pasaran (baca juga : Rice Cooker Miyako). Teknologi pemanasan yang digunakan oleh rice cooker tatung adalah teknologi double boiler. Inilah yang membedakan rice cooker tatung dengan merek rice cooker lainnya. Untuk memahami cara kerja teknologi double coiler, kita bisa membayangkan teknik mencairkan coklat di atas air yang mendidih. Begitulah cara kerjanya, rice cooker tatung memasak makanan dengan cara pemanasan tidak langsung yakni melalui uap panas yang dihasilkan. Keunggulan dari teknologi double boiler adalah :

  • Nasi tidak akan pernah hangus.
  • Nasi akan selalu dalam keadaan lembab dan memiliki tekstur yang lembut.
  • Nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dimasak dengan rice cooker tatung tidak akan hancur.
  • Nasi tidak akan mengalami over cook.
  • Mudah digunakan dan mudah dibersihkan karena semua bagian rice cooker tatung terbuat dari steinless steel yang aman bagi kesehatan.

Kelebihan dan Kekurangan Rice Cooker Tatung

Seperti halnya produk- produk lain, rice cooker tatung juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Satu- satunya kekurangan rice cooker tatung yang dikeluhkan oleh konsumen adalah manual user rice cooker yang sulit didapatkan secara online. Konsumen berharap produsen tatung memperbaiki dalam hal servis konsumen tersebut. Tapi konsumen tidak perlu khawatir lagi dengan kekurangan itu, karena artikel ini juga akan membahas manual user (petunjuk penggunaan) rice cooker tatung. Sementara itu, beberapa kelebihan dari rice cooker tatung yaitu :

  1. Multifungsi, karena dapat digunakan untuk memasak nasi, memasak bubur, membuat sup, memasak ayam, merebus telur, bahkan juga bisa digunakan untuk membuat pizza. Cukup satu rice cooker untuk berbagai menu masakan.
  2. Bagian outer maupun inner pot (panci rice cooker) tatung terbuat dari stainless steel yang tidak berkarat dan tidak memerlukan lapisan anti lengket sehingga sudah teruji aman bagi kesehatan. (silahkan baca : Merk Rice Cooker Terpopuler – Terbaik Yang Aman Untuk Kesehatan)
  3. Rice cooker dilengkapi dengan hendle atau pegangan yang anti panas sehingga memudahkan pengguna untuk memindahkan rice cooker ke meja meskipun rice cooker dalam keadaan panas.
  4. Makanan yang dimasak menggunakan rice cooker tatung selalu memiliki rasa dan aroma yang alami.
  5. Bahan stainless steel lebih awet dan tahan lama dari pada teflon atau bahan lainnya. Ini sudah terbukti oleh konsumen yang telah menggunakan rice cooker tatung selama 30 tahun.
  6. Hemat energi dan lebih efisien karena dapat memasak beberapa menu makanan sekaligus.
  7. Waktu yang digunakan untuk memasak lebih cepat dibandingkan merek rice cooker lainnya.
  8. Cara penggunaan yang mudah tanpa harus menekan banyak tombol.
Sponsors Link

Petunjuk Penggunaan Rice Cooker Tatung

Rice cooker tatung didesain dengan sederhana dengan warna silver yakni warna asli dari bahan steinless steel. Sebelum membahas petunjuk penggunaan rice cooker tatung, alangkah baiknya kita mengetahui spesifikasi dan bagian- bagian rice cooker tatung terlebih dahulu. Daya yang dibutuhkan untuk memasak menggunakan rice cooker tatung TAC-11KN adalah 760 watt, sedangkan untuk menghangatkan makanan hanya memerlukan daya sebesar 40 watt. Dimensi (ukuran) rice cooker tatung model ini yakni sebesar 265 x 348 x 290 mm dengan berat 4.7 kilo gram.

Rice cooker tatung terdiri dari 6 bagian utama yakni pot cover (tutup rice cooker), outer pot, inner pot, body rice cooker (case), power cord (steker) dan control panel. Control panelnya sendiri terdiri dari 4 bagian yakni 2 lampu indikator (keep warm & cook lamp), keep warm on/off switch, serta cooker switch.

Sponsors Link

Petunjuk penggunaan rice cooker tatung sedikit berbeda dengan rice cooker listrik lainnya. Hal ini dikarenakan teknik double boiler atau pemanasan secara tak langsung yang digunakannya. Untuk memasak beras menggunakan rice cooker tatung, kita bisa mengikuti langkah- langkah berikut :

  1. Langkah pertama, tuangkan beras ke dalam inner pot sesuai dengan takaran. Setelah itu cuci beras sampai bersih. Inner pot atau panci rice cooker tatung bisa langsung digunakan utuk mencuci beras. Ini dikarenakan panci rice cooker terbuat dari stainless steel yang tidak mudah tergores jika terkena gesekan saat mencuci beras.
  2. Langkah kedua, tambahkan air ke dalam inner pot sesuai dengan banyaknya beras yang akan dimasak. Kemudian tuangkan air ke dalam outer pot sesuai dengan takaran. Berikut adalah takaran yang digunakan :
    • Untuk 1-4 cup beras perlu dituangkan 1 cup air pada outer pot
    • Untuk 5-10 cup beras perlu dituangkan 1.5 cup air pada outer pot
    • Untuk 11 cup beras perlu dituangkan 2 cup air pada outer pot
  3. Langkah ketiga, letakkan inner pot ke dalam rice cooker, tepatnya di atas outer pot yang telah terisi air. Inilah yang membedakan cara memasak rice cooker tatung dibandingakan rice cooker lainnya (baca juga : Rice Cooker Sanyo)..
  4. Langkah keempat, tutup rice cooker menggunakan pot cover, lalu hubungkan power cord ke sumber listrik. Jangan lupa untuk menekan cooker switch hingga cook lamp (lampu indikator memasak) menyala.
  5. Langkah terakir, tunggu hingga nasi matang. Setelah 25- 30 menit cooker switch akan berubah posisi sedangkan lampu indikator warm akan menyala. Setelah itu, kita bisa menekan keep warm on/off switch untuk menjaga nasi agar tetap hangat.

Untuk perawatan rice cooker tatung sendiri cukup mudah. Kita hanya perlu membersihkan inner pot menggunakan sabun cuci piring setelah selesai menggunakannya. Sebaiknya tidak mencuci inner pot jika masih dalam keadaan panas. Tunggu terlebih dahulu sampai suhunya turun. Sedangkan untuk outer pot cukup dibersihkan dengan cara di-lap menggunakan kain lembab. Selain itu, perlu diingat untuk tidak mencuci rice cooker dengan kondisi power cord masih dalam keadaan tersambung dengan sumber listrik. Jika rice cooker dirawat dengan baik, maka rice cooker tatung akan lebih tahan lama.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 27th, December 2016 / 15:20 Oleh :
Kategori : Review Produk