Rice Cooker Toshiba – Harga dan Spesifikasi

ads

Toshiba merupakan perusahaan elektronik di Jepang yang sudah mendunia, bahkan termasuk perusahaan terbesar di dunia. Perusahaan ini telah menghasilkan berbagai produk elektronik seperti laptop, televisi, kulkas, mesin cuci dan air conditioner (AC). Salah satu produk toshiba yang berteknologi tinggi adalah rice cooker. Toshiba telah memproduksi rice cooker listrik hagama pot dan juga rice cooker digital. Kedua rice cooker tersebut tidak kalah bagus dari rice cooker populer lainnya (silahkan baca : Merek Rice Cooker Terpopuler – Terbaik yang Aman untuk Kesehatan). Mau tahu seperti apa kelebihan rice cooker toshiba buatan Jepang? Ini dia review nya.

Rice Cooker Toshiba Hagama Pot

toshiba-hagama-pot-jepang-merk-rice-cooker-yang-bagusRice cooker ini diproduksi dalam 2 tipe yakni tipe RC-T10FS dan tipe RC-T18FS. Cara memasak nasi dengan rice cooker hagama pot hampir sama dengan rice cooker listrik lainnya. Meski demikian rice cooker buatan Jepang ini bisa dikatakan lebih unggul karena nasi yang dihasilkan lebih pulen, tidak kering dan tidak cepat menguning.

Teknologi Jepang melengkapi rice cooker ini dengan sistem heating dari 3 arah sekaligus. Jika rice cooker biasa hanya memanaskan nasi dari arah bawah melalui heating plate, maka rice cooker hagama pot memanaskan nasi dari arah, bawah atas dan samping. Sistem pemanasan ini menghasilkan panas yang lebih optimal karena panas tersebar secara merata sehingga nasi matang dengan sempurna.

Berikut adalah spesifikasi rice cooker toshiba hagama pot.

  • Daya listrik – Rice cooker ini memerlukan daya sebesar 350 watt untuk memasak nasi.
  • Kapasitas – Rice cooker hagama pot diproduksi dalam 2 kapasitas. Untuk tipe RC-T10FS berkapasitas 1 liter, sedangkan tipe RC-T18FS memungkinkan untuk memasak nasi dengan volume 1,8 liter.
  • MaterialInner pot rice cooker toshiba hagama terbuat dari teflon yang dilapisi lapisan anti lengket berkualitas dan tidak mudah terkelupas.
  • Desain – Rice cooker Jepang ini dibuat dengan desain elegan dan mempunyai berbagai pilihan warna yaitu biru, abu, abu dan merah muda (pink).
  • Harga – Hagama pot dibandrol dengan harga berkisar 800.000 rupiah untuk tipe RC-T10FS. Sedangkan tipe RC-T18FS dijual dengan harga rata- rata 1.000.000 rupiah.

Rice Cooker Digital Toshiba

p_1391594Satu lagi rice cooker keluaran toshiba yang super canggih yakni rice cooker digital toshiba. Rice cooker digital ini diproduksi dalam 2 tipe menurut kapasitasnya yakni RC-10NMF untuk kapasitas 1 liter dan RC-18NMF untuk kapasitas 1,8 liter. Kedua tipe rice cooker digital ini dijual dengan harga sekitar 1.600.000 sampai 2.100.000 rupiah. Harga yang terbilang cukup mahal itu sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Rice cooker digital ini dilengkapi sensor suhu, operation button, display panel, serta inner pot yang sangat tebal dan kokoh.

Petunjuk penggunaan rice cooker digital ini berbeda dengan rice cooker listrik maupun rice cooker gas (silahkan baca : Cara Menggunakan Rice Cooker Gas). Cara menanak nasi menggunakan rice cooker ini juga berbeda dengan rice cooker pada umunya. Mari kita simak apa saja spesifikasi, cara penggunaan dan juga bagian- bagian rice cooker digital super canggih ini.

Sponsors Link

Nama- nama Bagian Rice cooker

captureBagian penutup rice cooker digital terdiri dari outer lid, inner lid, inner gasket, warning label dan steam vent. Pada bagian bawah rice cooker terdiri dari heating plate dan scoop holder & hook. Perlengkapan lain seperti inner pot, meassuring cup, food steamer dan sendok pengaduk nasi (scoop) juga menjadi satu paket dengan rice cooker digital ini.

Pada body rice cooker dilengkapi dengan sensor suhu, handle atau pegangan, display panel, 4 lampu indikator dan berbagai macam tombol. Tombol- tombol tersebut meliputi hook button, cancel button, mixced rice button, timer button, hrs button, min button, menu button, congee button,  dan cook/ keep warm button.

Fungsi dari masing- masing tombol yaitu :

  • Cancel button, digunakan untuk membatalkan setting yang baru saja diatur.
  • Mixced rice button, ditekan ketika beras yang dimasak terdiri dari berbagai jenis misalnya beras dicampur dengan beras merah atau jenis biji- bijian yang lain.
  • Timer button, digunakan untuk mengatur waktu memasak pada display panel.
  • Hrs button, berfungsi untuk mengatur jam pada display panel.
  • Min button, berfungsi untuk mengatur menit pada display panel.
  • Menu button, ditekan ketika ingin menampilkan menu pada display panel.
  • Congee button, ditekan ketika akan memasak bubur.
  • Cook/ keep warm button, ditekan ketika akan memasak atau menghangatkan nasi.
Sponsors Link

Cara memasak nasi menggunakan rice cooker digital

Langkah- langkah untuk memasaka nasi menggunakan rice cooker digital meliputi :

  1. Pertama, takarlah beras menggunakan measuring cup. Kemudian cuci beras menggunakan air sampah bersih.
  2. Kedua, masukkan beras ke dalam inner pot, lalu tuangkan air ke dalamnya sesuai banyanya beras yang akan dimasak.
  3. Ketiga, letakkan inner pot yang telah berisi beras dan air ke dalam body rice cooker. Kemudian putar inner pot sedikit ke kiri atau ke kanan untuk memastikan bahwa inner pot terpasang tepat di atas heating plate.
  4. Keempat, tutup body rice cooker dengan outer lid dan pastikan steam vent berfungsi dengan baik.
  5. Kelima, hubungkan steaker atau plug ke sumber listrik.
  6. Selanjutnya, tekan timer button sampai lampu indikator timer menyala. Setelah itu atur waktu memasak dengan cara menekan hrs button dan min button.
  7. Berikutnya tekan cook button untuk mulai memasak. Pastikan lampu indikator berlabel cook telah
  8. Terakhir, tunggu sampai display panel menampilkan waktu dalam menit yang mengindikasikan bahwa nasi akan segera masak. Setelah itu akan terdengar bunyi beep selama lima kali yang menandakan nasi sudah matang dengan sempurna. Saat itu lampu indikator keep warm akan menyala sedangkan indikator cook dalam kondisi tidak aktif. Dalam mode keep warm, display panel juga akan menampilkan ‘0h’.

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak nasi berbeda- beda sesuai dengan banyaknya beras yang akan dimasak dan juga tipe rice cooker digital yang digunakan. Jika banyaknya beras antara 1 sampai 5.5 cup dan menggunakan rice cooker berkapasitas 1 liter, maka waktu yang dibutuhkan adalah 38 sampai 51 menit. Sementara beras dengan jumlahnya 2 sampai 10 cup yang dimasak menggunakan rice cooker berkapsitas 1,8 liter, akan membutuhkan waktu sekitar 42 sampai 54 menit untuk matang.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 04th, December 2016 / 02:07 Oleh :
Kategori : Review Produk