Teflon Rice Cooker – Kelebihan dan Kekurangannya

ads

Pada awalnya teflon adalah suatu nama dari senyawa polimer polytetrafluoroethylene (PTFE). Sifat dari teflon yakni mempunyai koefisien gesek yang paling rendah jika dibandingkan dengan bahan logam lainnya. Sifat- sifat lain dari teflon yakni tahan terhadap radiasi sinar ultra violet, tahan terhadap segala kondisi cuaca, serta memiliki ketahanan yang baik terhadap senyawa kimia lainnya seperti amoniak, klorin, asam sulfat dan asam klorida.

Titik leleh teflon sangat tinggi yakni antara 260 derajat sampai 342 derajat celcius. Titik leleh yang tinggi ini membuat teflon cocok dipergunakan sebagai lapisan anti lengket berbagai peralatan memasak seperti wajan dan panci. Salah satu panci yang menggunakan lapisan teflon adalah panci rice cooker. Pelapisan teflon rice cooker ini bertujuan agar nasi tidak menempel pada dinding panci sehingga mudah saat dibersihkan. Beberapa contoh merek rice cooker yang menggunakan bahan teflon yakni rice cooker miyako, rice cooker toshiba, dan rice cooker sharp.

Kelebihan dan Kekurangan Teflon Rice Cooker

Meski cocok digunakan sebagai lapisan anti lengket (non stick cookware), teflon rice cooker mempunyai berbagai kelebihan dan kelemahan. Selain anti lengket, kelebihan dari teflon rice cooker dapat diuraikan sebagai berikut :

  • Lebih mudah ketika dibersihkan – Karena teflon rice cooker anti lengket, maka cara membersihkannya pun mudah.Kita hanya perlu membersihkan teflon rice cooker menggunakan air dingin dan sabun cuci piring, lalu dikeringkan. Tidak perlu menggunakan bahan pembersih khusus.
  • Kuat dan bobotnya ringan – Meski memiliki bobot yang ringan, teflon rice cooker cukup kuat dan dapat memasak nasi dengan baik. Kuatnya lapisan teflon membuat permukaannya tidak kelihatan hangus atau gosong meski sudah lama digunakan. Bobotnya yang ringan juga membuat kita nyaman saat menggunakannya.
  • Bisa digunakan untuk memasak berbagai makanan – Teflon rice cooker tidak hanya digunakan untuk memasak nasi (baca : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker), tetapi juga dapat dipergunakan untuk membuat bubur, memasak sup, bahkan bisa untuk menggoreng makanan jika tidak ada wajan.
  • Hemat minyak – Jika ingin memasak menggunakan rice cooker dimana menu masakan tersebut menggunakan minyak, maka teflon rice cooker membuat kita lebih hemat dalam menggunakan minyak. Meski hanya menggunakan sedikit minyak, makanan tidak akan lengket dan menempel di dasar teflon rice cooker.
  • Anti karat – Teflon rice cooker yang sudah digunakan betahun- tahun tidak akan berkarat meski sering terkena air. Penyebabnya adalah teflon tahan terhadap air dan cairan lain yang bersifat asam.

Di sisi lain, teflon rice cooker juga mempunyai banyak kelemahan. Diantara kelemahan teflon rice cooker yaitu :

  • Harganya relatif mahal

Jika dibandingkan dengan panci berbahan lain seperti steinless steel atau alumunium, harga teflon rice cooker relatif lebih mahal. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya lebih rumit dari pada pembuatan bahan logam lain. Namun perlu ditekankan sekali lagi, bahwa tingkat kemahalan harga ini relatif, tergantung pada kualitas teflon rice cooker itu sendiri.

  • Ada potensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan

Sudah banyak isu bahwa lapisan anti lengket pada rice cooker dapat memicu timbulnya kanker jika terkelupas dan tercampur dengan makanan. Asam perfluorooctanoic (PFOA) yang terkandung dalam teflon diduga dapat menyebabkan kanker dan timbulnya peyakitlain seperti kolesterol tinggi, penyakit kelenjar tirod dan berkurangnya kualitas sperma.

Meski demikian belum ada bukti yang meyakinkan isu tersebut, karena beberapa produsen merek rice cooker sudah melakukan uji kelayakan untuk digunakan dan mendapat sertifikat aman bagi kesehatan. Penggunaan panci teflon pada rice cooker secara normal seharusnya tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Hal yang sebenarnya perlu dikhawatirkan dari terkelupasnya lapisan teflon adalah panci rice cooker tidak lagi menghantarkan panas dengan cepat, nasi juga bisa menempel pada panci dan menjadi susah dibersihkan.

Sponsors Link

  • Tidak terlalu awet

Masih dibandingkan dengan steinless steel, panci teflon rice cooker ini tidak lebih awet dari bahan tersebut. Setelah digunakan beberapa tahun, lapisan teflon dapat tergores di sana- sini dan akhirnya terkelupas. Ini membuat teflon tidak berfungsi lagi sebagai lapisan anti lengket.

Tips Merawat Teflon Rice Cooker

Meski panci teflon rice cooker tidak terlalu awet, kita dapat melakukan beberapa hal dalam perawatannya agar tidak cepat rusak. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dipraktikkan di rumah agar teflon rice cooker menjadi tahan lama dan tidak mudah tergores.

Sponsors Link

  1. Sebaiknya tidak meletakkan panci teflon rice cooker di atas kompor atau sumber api secara langsung. Suhu tinggi yang langsung mengenai bagian bawah teflon dapat membuat teflon hangus.
  2. Tidak menggunakan panci teflon dalam keadaan kosong. Jika nasi di dalam panci rice cooker sudah habis maka segera cabut power cord dari sumber listrik. Suhu akan naik secara cepat jika panci teflon dalam keadaan kosong. Suhu yang tinggi itu akan membuat lapisan anti lengket mudah terkelupas.
  3. Tidak menggunakan spoon atau alat pengaduk lain yang terbuat dari logam. Saat mengaduk nasi di dalam rice cooker gunakanlah spoon yang merupakan aksesoris asli dari rice cooker. Jika menggunakan pengaduk berbahan logam maka bisa menyebabkan teflon tergores dan terkelupas.
  4. Tidak menggunakan alat pembersih yang berbahan kasar seperti sikat kawat atau sabut kelapa saat membersihkan panci teflon rice cooker. Gunakanlah spons yang halus agar tidak menggores bagian dalam teflon rice cooker.
  5. Jangan menggunakan teflon untuk mencuci beras secara langsung. Gunakanlah wadah lain untuk mencuci beras, setelah itu barulah dimasukkan ke dalam panci rice cooker. Gesekan dan tekanan saat mencuci beras juga dapat menggores lapisan anti lengket.
  6. Ketika hendak mencuci panci teflon rice cooker, tunggu dulu sampai suhu panci turun. Jangan mencuci panci teflon rice cooker dalam keadaan masih panas.
  7. Setalah mencuci teflon rice cooker, jangan langsung menyimpannya. Tunggu dulu sampai panci teflon benar- benar kering, setelah itu baru disimpan di tempat yang kering pula.
  8. Tidak perlu menggosok panci teflon terlalu keras saat membersihkannya.
  9. Hindari menjatuhkan atau membenturkan teflon rice cooker.

Demikian ulasan tentang teflon rice cooker. Terlepas dari kelebihan dan kelemahannya, keberadaan teflon sudah memberikan banyak manfaat dan memudahkan kita dalam memasak. Semoga tips- tips yang sudah diberikan bisa dipraktikkan di rumah dan membuat panci teflon rice cooker Anda lebih tahan lama.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 28th, December 2016 / 09:39 Oleh :
Kategori : Tips