Tips Memasak Nasi di Rice Cooker

ads

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia yang kehadirannya menjadi sebuah kewajiban setiap kali waktu makan. Bahkan sebagian orang Indonesia mengatakan belum bisa dikatakan makan jika tanpa nasi. Karena itulah nasi yang pulen, putih dan enak dimakan merupakan dambaan setiap orang.

Ada beragam cara untuk menanak nasi, mulai dari yang paling tradisional hingga paling modern. Saat ini alat modern yang paling populer untuk memasak nasi di Indonesia ialah rice cooker. Rice cooker merupakan alat elektronik yang memanfaatkan panas listrik untuk memasak nasi dan beragam makanan lainnya. Meski terbilang praktis dan mudah, memasak nasi di rice cooker juga memerlukan teknik tertentu agar nasi yang dihasilkan sesuai harapan.

Berikut ini tips memasak nasi di rice cooker yang perlu Anda ketahui dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pahami Batas Minimal Maksimal Rice Cooker

Setiap rice cooker memiliki batas minimal maksimal beras yang akan dimasak. Jika kurang dari batas minimal, maka nasi akan lebih cepat matang, kering dan keras. Sedangkan jika melebihi batas, nasi menjadi lembek dan lebih cepat basi. Jadi, yang paling tepat ialah sesuai dengan batas yang telah ditentukan oleh rice cooker. Anda juga perlu mempelajari cara memasak nasi dalam jumlah banyak untuk acara tertentu.

Sebaiknya Anda memasak nasi untuk dikonsumsi satu hari agar nasi tetap fresh dan tidak menyisakan nasi untuk hari berikutnya. Misalnya, Anda memasak nasi di pagi hari untuk sarapan dan makan siang, lalu memasak lagi di sore hari untuk makan malam. Dengan ini Anda juga meminimalisir adanya “food waste” atau sampah makanan.

2. Mencuci Beras Hingga Bersih

Sebelum beras masuk ke dalam rice cooker untuk dimasak, terlebih dahulu harus dicuci hingga bersih dari segala macam kotoran. Cucilah beras dengan air bersih maksimal 2 kali. Saat dicuci, beras jangan terlalu sering diaduk agar nutrisinya tidak larut bersama air cucian yang terbuang. Cucilah beras secara perlahan dan jangan terlalu lama merendam airnya agar nutrisinya tetap terjaga.

3. Tambahkan Daun Pandan atau Air Perasan Jeruk Nipis/ Lemon

Setelah beras dicuci bersih dan dimasukkan ke dalam rice cooker, tambahkan satu helai daun pandan untuk menambah aroma wangi pandan ke dalam nasi yang dimasak. Atau Anda juga bisa menambahkan 1 – 3 tetes air perasan jeruk nipis/lemon untuk menjaga nasi dari pengaruh panas, tidak mudah basi dan tetap harum.

4. Tutup Rapat Penutup Rice Cooker

Pastikan Anda menutup dengan rapat penutup rice cooker karena udara yang keluar masuk rice cooker berpotensi mengandung bakteri/virus yang dapat menyebabkan nasi cepat menguning dan basi. Hindari pula untuk sering membuka tutup rice cooker. Penutup adalah bagian yang paling sering melakukan kontak dengan pengguna sehingga Anda pun perlu mengetahui cara membersihkan penutup rice cooker dengan benar.

5. Keluarkan Uap Nasi Ketika Matang

Saat nasi tepat matang, bukalah rice cooker dan aduk nasi secara perlahan agar uapnya keluar dan tersebar merata. Hal ini akan mengurangi risiko nasi menjadi cepat kering dan basi.

Beberapa tips memasak nasi di rice cooker tersebut dapat dengan mudah Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa mendapatkan nasi yang lebih pulen, awet, tidak cepat basi dan enak disantap. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 31st, March 2018 / 04:31 Oleh :
Kategori : Tips